10 Cara Membersihkan Usus Kotor, Bisa Juga Minum Air Garam-Teh Jahe

0

Jakarta – Usus besar merupakan salah satu organ penting dalam sistem pencernaan. Kesehatan usus menjadi bagian yang penting bagi kesehatan pencernaan.

Seiring waktu, sisa-sisa makanan, racun dan zat-zat lain bisa mengakibatkan penumpukan kotoran dalam usus. Kondisi ini disebut sebagai usus kotor.


Lantas, bagaimana cara membersihkan usus kotor secara alami? Simak beberapa caranya berikut ini.

Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami
Cara membersihkan usus kotor bisa dilakukan secara alami di rumah. Kamu bisa melakukannya saat merasa sembelit atau dalam kondisi lainnya.

1. Hidrasi Tubuh
Dikutip dari healthline, minum air putih dan membuat tubuh tetap terhidrasi adalah cara yang baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu adalah rutin makan makanan yang memiliki kandungan air tinggi, seperti sayur dan buah.

2. Minum Air Garam
Air garam atau oralit bisa menjadi pilihan bagi orang mengalami sembelit. Menurut sebuah studi pada tahun 2010, minum larutan garam suam-suam kuku secara berkala saat melakukan yoga lebih efektif dalam pembersihan usus sebelum kolonoskopi. Hal ini dibandingkan dengan meminum larutan pembersih khusus.

Kalau ingin mencoba meminum air garam, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Adapun tips untuk meminum air garam yaitu:

Sebelum makan pagi, campur dua sendok teh garam dengan air hangat. Banyak orang menggunakan garam laut atau garam Himalaya.
Minumlah air dengan cepat saat perut kosong.
Lakukan ini di pagi dan sore hari.

3. Diet Tinggi Serat
Serat merupakan makronutrien yang harus ada dalam makanan. Serat bisa ditemukan dalam makanan nabati utuh seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Pastikan untuk mengonsumsi banyak makanan berserat tinggi. Sebab, kandungan ini membantu kesehatan usus besar dan baik untuk bakteri usus.

4. Minum Jus dan Smoothie
Jus merupakan pembersih usus yang populer. Campuran jus mengandung serat dan nutrisi yang bermanfaat untuk pencernaan. Mengkonsumsi buah bisa membantu meningkatkan mikrobioma usus dan pergerakan makanan melalui usus. Selain itu juga membantu mengurangi sembelit.

5. Mengkonsumsi Probiotik
Cara selanjutnya untuk membersihkan usus besar adalah menambahkan probiotik ke dalam makanan. Contoh makanan yang kaya akan probiotik adalah yoghurt, kimchi, acar hingga makanan fermentasi lainnya.

Zat ini memperkenalkan bakteri bak ke usus dengan bantuan serat dan juga pati resisten. Probiotik mengekang peradangan dan meningkatkan keteraturan, dua unsur kesehatan pencernaan yang berhubungan dengan usus besar.

6. Minum Teh Herbal
Teh herbal bisa membantu kesehatan pencernaan melalui usus besar. Ramuan pencahar seperti lidah buaya dan akar marshmallow dapat membantu mengatasi sembelit. Namun sebelum itu, konsultasikan dulu dengan dokter jika ingin mencoba teh herbal untuk membersihkan usus.

7. Olahraga Secara Teratur
Menurut laman pemprov Jambi, lemak berlebih yang ada dalam tubuh bisa meningkatkan risiko kanker usus. Sehingga, penting untuk menjaga persentase lemak tubuh dalam batas yang normal. Salah satu cara mencapainya yaitu dengan berolahraga teratur.

Sebab, olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot dalam sistem pencernaan. Hal ini membuat gerakan makanan di saluran pencernaan lebih efisien.

8. Mengonsumsi Pati Resisten
Pati resisten mirip dengan serat. Jenis pati ini terdapat dalam makanan nabati seperti kentang, nasi, kacang-kacangan, pisang hijau dan biji-bijian.

Pati resisten mendukung usus besar yang sehat dan meningkatkan mikroflora usus. Namun jika mengikuti diet rendah karbohidrat, kamu bisa memilih opsi yang hanya sedikit menyebabkan lonjakan gula darah, seperti gandum utuh, pisang hijau dan lentil.

9. Teh Jahe
Mengutip MedicineNet, jahe dapat merangsang pencernaan. Kamu bisa mencampur teh sari hage dengan madu dan air hangat. Konsumsi sekali atau dua kali sehari.

10. Minyak Ikan
Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang efektif membersihkan usus besar. Kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Selain itu masih dibutuhkan penelitian untuk mengetahui manfaat dari pembersihan usus. Kecuali seseorang melakukannya untuk sembelit atau prosedur medis seperti kolonoskopi. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(elk/row/detik)






LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here