12 Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan, Cegah Kanker hingga Bikin Glowing

0

Jakarta – Rasanya tidak afdol jika kita makan ayam atau lele penyet tanpa daun kemangi. Kerap dijadikan sebagai sayur lalapan dan disandingkan dengan persambelan, siapa sangka ternyata daun satu ini punya berbagai manfaat yang dahsyat loh.

Daun kemangi atau akrab dikenal basil ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kekebalan tubuh hingga kesehatan kulit menjadi manfaat tersembunyi dari daun ini.


Artikel ini akan membahas lebih lanjut apa saja manfaat daun kemangi serta kandungan di dalamnya. Yuk cek artikel berikut.

Berikut Manfaat Daun Kemangi:

Daun kemangi mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serta antioksidan yang baik bagi kesehatan. Dilansir laman healthifyme, berikut penjelasan manfaat daun kemangi:

Mencegah Kanker

Studi yang dilakukan oleh Nutrition and Cancer menyebutkan bahwa kemangi mengandung fitokimia. Senyawa ini dapat membantu mencegah kanker secara alami termasuk kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru akibat paparan bahan kimia berbahaya.

Fitokimia dalam kemangi juga diyakini mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen secara positif, menginduksi apoptosis sel kanker (kematian sel berbahaya), hingga menghentikan penyebaran sel tumor dan kanker.

Mencegah Stress/Depresi

Kemangi mengandung adaptogen yang dipercaya sebagai zat anti stres. Penelitian menunjukkan, zat ini membantu mengatasi kecemasan, depresi, dan sekaligus menstimulasi neurotransmitter yang mengontrol energi dan hormon pemicu kebahagiaan.

Membantu Merawat Kulit

Kandungan camphene dalam minyak kemangi dipercaya dapat membersihkan dan menjaga kulit. Hal ini bertindak sebagai toner sehingga membantu menghilangkan kelebihan minyak, sel-sel mati, dan kotoran yang menghalangi folikel sehingga kamu bisa tampil glowing.

Mengandung Antioksidan untuk Melawan Penyakit

Daun kemangi mengandung antioksidan flavonoid, seperti orientin dan viceninare. Berbagai macam senyawa ini membantu melawan radikal bebas sekaligus melindungi struktur DNA dan sel darah.

Berbagai penelitian menyebutkan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada sel tubuh. Jika hal ini terjadi, risiko terkena berbagai komplikasi kesehatan,seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi menjadi lebih tinggi.

Mengatasi Stress Oksidatif

Stres oksidatif terjadi di dalam tubuh karena efek racun dalam makanan, polusi lingkungan dan radiasi. Jangan khawatir, kandungan antioksidan dalam kemangi dapat membantu melawan oksidasi dan memperlambat efek penuaan.

Mencegah Diabetes

Selain itu, ternyata kemangi juga dipercaya mampu mengurangi kadar glukosa darah yang bersirkulasi dan peradangan. Hal ini membantu untuk mencegah gula darah dalam tubuh untuk tetap dalam kadar yang normal.

Daun kemangi juga memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol. Kadar keduanya yang dalam kisaran normal membantu tubuh selalu sehat dan mencegah penyakit.

Mengandung Sifat Antibakteri

Salah satu manfaat lain dari kemangi adalah melindungi dari pertumbuhan bakteri berbahaya. Dalam penelitian, ekstrak kemangi bahkan terbukti membantu dalam menghambat jenis bakteri resisten yang tidak merespons pengobatan antibiotik.

Sebagai Anti Inflamasi

Kemangi mengandung minyak esensial yang kuat, termasuk eugenol, sitronelol dan linalool. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa minyak penghambat enzim ini membantu menurunkan peradangan, yang merupakan akar dari sebagian besar penyakit seperti penyakit jantung, artritis reumatoid, dan kondisi radang usus.
Mengandung Sifat Antimikroba yang Melawan Virus dan Infeksi

Ekstrak daun kemangi yang diolah menjadi minyak esensial mengandung antimikroba terhadap berbagai macam bakteri, ragi, jamur dan virus. Ini bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap virus candida dan berbagai bentuk iritasi kulit.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Sebagai makanan antioksidan dan anti-inflamasi, kemangi dapat membantu otot-otot yang mengontrol fungsi pembuluh darah berkontraksi dan rileks. Hal ini dapat meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Tidak hanya itu, kemangi juga dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Yaitu dengan menghambat pelepasan sitokin pro-inflamasi, protein yang dikeluarkan dari sel ke sel untuk meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh.

Menjaga Fungsi Hati

Mengutip dari Jurnal Medicinal Food, kemangi dapat memproduksi enzim detoksifikasi. Enzim ini dapat meningkatkan antioksidan yang lebih tinggi hingga mengurangi penumpukan lemak di hati yang dapat menyebabkan penyakit hati.

Menjaga Sistem Pencernaan

Daun kemangi menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh. Kelebihan ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh. Manfaat lainnya adalah membantu bakteri sehat berkembang di dalam usus, sekaligus mengurangi patogen berbahaya.

Secara tradisional, kemangi juga telah digunakan untuk membantu mengurangi kembung dan retensi air, kehilangan nafsu makan, kram perut, refluks asam, dan bahkan untuk membunuh cacing perut atau parasit.

Kandungan Daun Kemangi

Dikutip dari situ Dr. Axe, dua sendok makan atau setara dengan 5 gr kemangi segar mengandung sekitar:

1,2 kalori
0,1 gram karbohidrat
0,2 gram protein
0,1 gram serat
21,8 mikrogram vitamin K
277 unit internasional vitamin A
0,1 miligram mangan
0,9 miligram vitamin C

Selain vitamin dan mineral, daun ini mengandung minyak esensial yang mudah menguap dan kaya antioksidan. Ini berarti minyak kemangi tidak larut dalam air dan ringan serta cukup kecil untuk bergerak melalui udara dan pori-pori di dalam kulit kita.

Daun kemangi mengandung senyawa minyak esensial karena membantu tanaman mempertahankan diri dari predator seperti serangga, hewan pengerat, dan jenis bakteri di dalam tanah.

Jadi, ketika kita menelan minyak esensial dari daun ini, kita dapat merasakan manfaat yang seperti peningkatan kekebalan dan melindungi dari segala penyakit.
Jenis-jenis Daun Kemangi

Siapa sangka ternyata banyak variasi dari daun kemangi. Dikutip dari Healthline, berikut berbagai macam variasi dari daun kemangi:

Kemangi manis (Sweet basil): Kemangi yang paling banyak ditanam dan populer, terkenal karena penggunaannya dalam masakan Italia. Umumnya dijual kering di supermarket.

Semak/kemangi Yunani (Greek basil): Memiliki aroma yang kuat tetapi rasa yang ringan, sehingga dapat menggantikan kemangi manis. Membentuk semak padat dengan daun kecil dan tumbuh dengan baik di dalam pot.
Kemangi Thailand (Thai basil): Memiliki rasa adas manis dan biasanya digunakan dalam masakan Thailand dan Asia Tenggara.
Kemangi kayu manis: Berasal dari Meksiko. Memiliki rasa dan aroma seperti kayu manis. Biasanya disajikan dengan kacang-kacangan atau sayuran tumis yang pedas.

Selada kemangi (Cinnamon basil): Memiliki daun yang besar, berkerut, dan lembut dengan rasa seperti licorice. Cocok digunakan dalam salad atau dicampur dengan tomat dan minyak zaitun.

Itu tadi berbagai macam manfaat daun kemangi. Kamu bisa menggunakannya selagi masih segar atau diseduh menjadi teh herbal. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu ya Detikers. Sehat selalu.

(row/detik)






LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here