32.932 Guru Madrasah Lulus Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

0
Foto: Doc. Kemenag/Pengumuman Seleksi Administrasi PPG Daljab
Jakarta – Seleksi Akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan (Daljab) bagi Guru Madrasah Tahun 2022 telah diumumkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Dalam seleksi tersebut terdapat 56.041 peserta yang merupakan guru Mapel Agama dan Mapel Umum. Mereka terdiri atas guru madrasah se-Indonesia dari semua jenjang.

Seleksi Akademik PPG Daljab 2022 digelar berbasis domisili, sehingga para guru bisa mengikutinya dari daerah masing-masing.


Adapun untuk titik ujian kompetensi (TUK) Pengawas, ada empat yakni: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Alauddin Makassar.

32.932 Guru Dinyatakan Lulus

Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain, menjelaskan, dalam rapat bersama dengan Panitia Nasional PPG Kemenag diputuskan bahwa 32.932 guru dinyatakan lulus Ujian Seleksi Akademik PPG Daljab bagi Guru Madrasah Tahun 2022.

Sisanya, 23.109 guru dinyatakan tidak lulus Ujian Seleksi Akademik PPG Daljab bagi Guru Madrasah Tahun 2022.

“Guru madrasah yang dinyatakan tidak lulus tidak perlu berkecil hati. Sebab, peserta yang tidak lulus tahun ini masih memiliki kesempatan mengikuti seleksi akademik di tahun berikutnya,” ucapnya dikutip dari laman Kemenag, Jumat (2/9/2022).

Tujuan Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Terkait diselenggarakannya seleksi akademik ini, Dirjen Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani mengatakan, tujuannya adalah untuk memperoleh input SDM mahasiswa yang potensial dalam mengikuti PPG Dalam Jabatan.

“Pelaksanaan hasil seleksinya dilaksanakan secara transparan dan akuntabel serta mampu menyapa guru yang berdomisili di Daerah 3T dan wilayah perbatasan,” terang Dhani.
Cara Cek Hasil Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Sementara itu, bagi peserta seleksi akademik PPG tahun ini bisa cek hasilnya secara mandiri dengan akun individu masing-masing melalui Simpatika, seperti dijelaskan oleh Sekretaris Panitia Nasional PPG Kementerian Agama, Mustofa Fahmi.

Fahmi mengatakan bahwa guru yang dinyatakan lulus, harus segera melakukan pendaftaran PPG Daljab bagi Guru Madrasah Tahun 2022 melalui Simpatika.

Fahmi berharap, guru madrasah yang akan mengikuti program pendidikan berbasis keprofesian ini melek teknologi informasi dan menguasai akses digital berbasis aplikasi online.

Misalnya, menguasai akses Simpatika secara mandiri tanpa bantuan dari admin madrasah dan mengenal sistem perkuliahan PPG berbasis LMS (Learning Management System).

“Kelemahan dan ketidakmampuan terhadap hal tersebut akan menjadi indikasi capaian dan output PPG menjadi kurang maksimal,” ungkapnya.

Terakhir, Fahmi menuturkan bahwa Kementerian Agama juga akan segera menyelenggarakan PPG Daljab Tahun 2022 Angkatan III dengan skema pembiayaan LPDP dengan total kuota 10.000 mahasiswa.

“Ini menjadi sebuah kesempatan emas jika dimungkinkan beberapa guru yang telah dinyatakan lulus seleksi akademik akan mengikuti perkuliahan di tahun 2022 ini,” tuturnya.

(faz/nwy/detik)







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here