5 Nutrisi Alpukat Ini Sehatkan Jantung dan Bikin Badan Langsing

0
5 Nutrisi Alpukat Ini Sehatkan Jantung dan Bikin Badan Langsing Foto: iStock

JakartaAlpukat bukan hanya lezat, buah bertekstur lembut ini juga tinggi nutrisi. Jika dikonsumsi rutin, alpukat bisa menjaga kesehatan jantung hingga bikin badan langsing.

Alpukat populer di kalangan para pelaku gaya hidup sehat. Bukan hanya karena rasanya yang enak tapi juga segudang nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan tubuh.

Dalam alpukat terkandung lemak tak jenuh tunggal yang selalu jadi incaran orang-orang yang sedang diet. Selain itu, alpukat juga mengandung karbohidrat, serat, protein dan berbagai vitamin.

Mineral dalam alpukat juga tak kalah berlimpah, buah ini mengandung kalium, magnesium, lutein dan folat. Vitamin dalam buah alpukat juga terbilang kompleks mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Testurnya yang lembut dan rasanya yang lezat menjadikan alpukat disukai banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rutin mengonsumsi alpukat sama saja seperti sedang berinvestasi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kandungan nutrisi alami buah alpukat dan manfaatnya untuk kesehatan.

1. Serat untuk melancarkan pencernaan

Alpukat mengandung serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Konsumsi alpukat setiap hari bisa menghindari sembelit dan masalah buang ar besar. Dengan demikian alpukat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Kandungan fruktosa pada alpukat juga membantu mengurangi penumpukan gas dalam sistem pencernaan. Hal ini baik untuk orang yang mengalami masalah pada lambung.

2. Lemak baik untuk menjaga berat badan

Kandungan karbohidrat dan serat pada buah alpukat membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama. Hal ini penting, terutama bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Lemak pada alpukat juga termasuk lemak baik sehingga tak berpotensi membuat lonjakan berat badan. Kalori dalam satu butir alpukat sekitar 150-200, jadi disarankan untuk tidak melahapnya secara berlebihan.

Meskipun bisa menjaga berat badan, tapi sebaiknya kamu juga rutin berolahraga dan banyak minum air putih.

3. Lutein untuk menjaga kesehatan mata

Dalam buah alpukat terkandung lutein dan zeaxanthin, zat ini membantu menjaga kesehatan mata. Antioksidan ini juga membantu mencegah dan mengobati masalah kesehatan pada mata.

Alpukat yang dikonsumsi secara rutin membantu menjaga mata dari katarak. Cara terbaik konsumsi alpukat yakni dengan menyantapnya secara utuh dan segar. Kamu bisa menambahkan madu untuk membuat rasanya lebih enak.

4. Antioksidan mencegah kanker

Banyak jenis sayuran dan buah yang membantu mengurangi risiko penyakit kanker, termasuk salah satunya alpukat. Kandungan antioksidan dalam alpukat seperti asam oleat, vitamin C, vitamin E dan lutein bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dalam beberapa penelitian, terungkap biji alpukat pun memiliki sifat antikanker. Namun masih diperlukan penelitian lanjutan soal konsumsi biji alpukat.

5. Kolesterol baik untuk menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat. Konsumsi makanan segar termasuk buah dan sayur juga turut mempengaruhi kualitas kesehatan jantung. Mengurangi konsumsi makanan berlemak juga salah satunya.

Alpukat terbukti membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Konsumsi alpukat secara rutin sama saja membantu mengontrol kadar kolesterol yang juga sekaligus mencegah risiko penyakit jantung dan stroke.

(dvs/odi/detik)

 

 





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini