6 Makanan Lezat Ini Ternyata Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami

0
Jakarta – Kadar Low Density Lipoprotein (LDL), yang sering dikenal sebagai kolesterol ‘jahat’ yang berlebih dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung melalui pembentukan plak dalam arteri.

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, penting untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perubahan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung. Dengan itu, seseorang dapat mempertahankan kadar kolesterol yang ideal.

Dikutip dari Health, berikut adalah 6 makanan terbaik untuk bantu menurunkan kolesterol:

1. Oat dan gandum

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi oat atau gandum secara teratur dapat secara signifikan mengurangi faktor risiko penyakit jantung, sekaligus menurunkan kadar kolesterol total dan LDL yang tinggi.

Oat dan dedak gandum (oat bran) merupakan sumber terkonsentrasi serat larut yang disebut beta-glukan, yang membantu menurunkan kolesterol dengan mencegah penyerapan kolesterol di saluran pencernaan dan meningkatkan ekskresi kolesterol melalui tinja.

2. Kacang almond

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber serat larut yang kaya dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin.

Kacang almond adalah jenis kacang populer yang secara konsisten dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung, termasuk penurunan kadar kolesterol. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menambahkan kacang almond ke dalam menu makanan merupakan cara yang mudah dan efektif untuk meningkatkan dan melindungi kesehatan jantung.

3. Buah beri

Buah-buah beri, seperti bluberi, stoberi, cranberi, rasberi, dan blackberi merupakan sumber serat dan nutrisi yang sangat baik untuk jantung. Senyawa antioksidan flavonoid yang terkandung dalam buah beri juga berfungsi untuk mencegah peradangan.

Sebuah tinjauan pada 2018 menemukan bahwa asupan buah beri dikaitkan dengan penurunan kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, dan tekanan darah, serta peningkatan kadar kolesterol HDL

Selain menurunkan kadar kolesterol, buah beri dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi arteri, dan mencegah kerusakan sel.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol. Kacang-kacangan merupakan sumber serat yang sangat baik, yang mengikat kolesterol dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar tiga per empat cangkir kacang-kacangan per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 19 persen dan menurunkan tingkat penyakit jantung hingga 11 persen.

5. Apel

Tidak hanya mudah didapat, apel juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Karena kaya akan serat, termasuk serat larut, mengonsumsi apel adalah cara yang baik untuk meningkatkan kadar lipid darah yang sehat dan menjaga kesehatan jantung.

Sebuah ulasan pada 2020 menyimpulkan bahwa konsumsi apel utuh adalah cara yang efektif untuk menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL, serta tekanan darah sistolik dan penanda inflamasi. Para peneliti merekomendasikan asupan harian 100 hingga 150 gram apel utuh setiap hari untuk mengurangi risiko penyakit jantung, yang setara dengan satu buah apel berukuran kecil hingga sedang per hari.

6. Ikan

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur cenderung memiliki kadar lemak darah yang lebih sehat sehingga dapat membantu melindungi dari penyakit jantung.

Ikan, terutama ikan berlemak seperti sarden, trout, dan salmon, merupakan sumber lemak omega-3 antiinflamasi yang sangat baik. Makanan ini diketahui dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah. Terlebih, dengan vitamin dan mineral seperti seng, kalsium, dan selenium, membuat ikan menjadi pilihan yang baik untuk kesehatan secara umum.
(vyp/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini