Aksi Kemanusiaan Pekerja Kilang Plaju, Donorkan 333 Kantong Peringati HUT ke-66 Pertamina

33

Plaju, rakyatpembaruan.com –

Pekerja PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) kembali menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan. Sebanyak 333 kantong telah didonorkan pada Jumat (8/12/23).

Aksi donor ini dilakukan berkolaborasi dengan PMI Kota Palembang sebagai bentuk kepedulian Pekerja, Mitra Kerja dan Keluarga Kilang Pertamina Plaju terhadap yang membutuhkan sumbangan darah, juga dalam rangka momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Pertamina (Persero).

Area Manager Communication, Relation & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari mengatakan kegiatan donor darah memang rutin dilakukan paling tidak dua bulan sekali agar para Pekerja, Mitra dan Keluarga Pertamina dapat menyalurkan darahnya.

“Ini menunjukkan kesadaran para Insan Pertamina untuk menjadi pendonor terus meningkat. Karena selain membantu saudara kita yang membutuhkan, donor darah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya jantung,” ucapnya. Sepanjang tahun ini, kata Rachmi, pekerja Kilang Pertamina Plaju telah mendonorkan sebanyak lebih dari 1.300 kantong darah untuk masyarakat yang membutuhkan.

Dalam aksi donor yang digelar di Gedung Ogan ini, terkumpul sebanyak 333 kantong darah atau terkumpul lebih dari 83.250 cc. Hasil ini melebihi target awal panitia pelaksana yaitu 300 kantong, namun panitia tetap menyiapkan kantong darah yang lebih dari jumlah target awal. Jumlah yang dicapai hari ini diharapkan dapat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Palembang.

Selain itu dalam rangka memperingati hari HIV/AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember yang lalu, digelar juga booth VCT HIV (Voluntary Counseling and Testing HIV) bekerja sama dengan Puskesmas Plaju. Hal ini bertujuan sebagai skrining awal HIV dan juga wadah bagi para peserta yang ingin tahu lebih dalam mengenai penyakit HIV/AIDS. Dalam acara ini didapatkan sejumlah 190 peserta VCT HIV.

*Tubuh Lebih Sehat*

Dilansir dari situs Kemenkes, donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan. Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor.

Berikut ini adalah beberapa manfaat rutin donor darah bagi kesehatan. Pertama, dapat mendeteksi penyakit serius. Pada pelaksanaannya, sebelum donor darah, kita wajib memeriksakan kondisi darah yang sekaligus mampu mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Untuk itu, dengan melakukan pemeriksaan darah rutin, maka berbagai penyakit tersebut dapat dideteksi sedini mungkin.

Kedua, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, yang menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung.

Terakhir, donor membantu menurunkan berat badan. Untuk masyarakat yang saat ini sedang berfokus untuk menurunkan berat badan donor darah secara rutin dapat menjadi salah cara yang diambil. Alasan donor darah dapat menurunkan berat badan adalah karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya.

Andrie Prasetyo, salah satu pekerja yang rutin mendonorkan darahnya merasakan manfaat bagi kesehatan tubuhnya usai donor. Ia merasakan tubuh yang lebih ringan dan jarang sekali terserang penyakit. “Setiap saya donor, alhamdulillah tubuh terasa enteng, kerja pun lebih semangat,” ujar pria yang sudah lebih dari sepuluh kali mendonorkan darahnya ini.
(Adi/rp)





33 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini