Antisipasi Merak Padat Saat Mudik, Kemenhub Siapkan Pelabuhan Ciwandan

0
Jakarta – Kementerian Perhubungan menyiapkan pelabuhan alternatif sebagai antisipasi kepadatan di Merak saat mudik Lebaran. Pelabuhan alternatif itu adalah Ciwandan yang lokasinya dekat dengan Pelabuhan Merak

Menurut Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno langkah itu dilakukan untuk memecah kepadatan di Pelabuhan Merak.

“Dengan tingginya prediksi peningkatan arus mudik tahun ini, maka ada langkah yang luar biasa dan manajemen mudik tahun ini harus lebih baik, untuk antisipasi itu kita akan gunakan pelabuhan Ciwandan. Ini akan digunakan saat pelaksanaan arus mudik,” ungkap Hendro dalam konferensi pers yang dilakukan di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2023).

Ciwandan bakal menjadi pelabuhan yang dikhususkan mengangkut sepeda motor pada mudik lebaran tahun ini. Para pemudik yang menggunakan sepeda motor tak lagi menyeberang ke Pulau Sumatera lewat Pelabuhan Merak.

“Khusus untuk sepeda motor, agar terlayani dengan baik dan tidak campur sepeda motor akan diarahkan ke Pelabuhan Ciwandan,” ujar Hendro.

Hendro menjelaskan nantinya akses maupun fasilitas di Ciwandan akan diperbaiki sehingga bisa digunakan oleh para pemudik yang naik motor ke arah Pulau Sumatera dari Pulau Jawa.

“Jalannya akan diperbaiki jadi sepeda motor ke sana nanti ada kapal khusus untuk angkut sepeda motor disiapkan tenda, MCK. Pokoknya fasilitas untuk sepeda motor disiapkan di Ciwandan,” jelas Hendro.

Dia menyampaikan, di Pelabuhan Ciwandan akan ada 12 unit kapal dari lintas Merak-Bakauheni. Selain itu juga terdapat satu unit kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni dan satu unit kapal milik PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP).
(hal/hns)