Area Sekitar RS Indonesia di Gaza Palestina Digempur Belasan Rudal Israel!

19
Gaza City – Area sekitar Rumah Sakit Indonesia di Beit Lahiya, Gaza utara, Palestina, berada dalam kondisi yang genting. Rudal dari Israel menyasar lingkungan di sekitar rumah sakit.

Al Jazeera dalam live updates, diakses detikcom pada Jumat (10/11/2023) pukul 07.10 WIB, lingkungan sekitar RS Indonesia dihajar 11 misil.

Al Jazeera mengutip Direktur Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Atef Kahlout, serangan peluru kendali tersebut merusak bagian-bagian fasilitas. Belum ada laporan korban jiwa sejauh ini.

Dilansir dari kanal YouTube AFP News Agency, terlihat suasana saat lingkungan sekitar RS Indonesia diserang rudal. Orang-orang di halaman luar terlihat kocar-kacir menyelamatkan diri seiring ledakan yang bersahut-sahutan. Mereka terlihat berlari.

Sejumlah ledakan disusul api yang membumbung di langit yang sudah gelap. Perekam video berada di balik tiang. Terdengar para laki-laki berteriak di situasi mencekam ini.

Sebelumnya, Israel sempat mengatakan ada terowongan di sekitar RS Indonesia ini. Terowongan itu digunakan para petempur Palestina, Israel menyebut mereka teroris, untuk menyerang Israel. Pihak pemerintah Indonesia membantah dengan menegaskan bahwa RS Indonesia di Gaza sepenuhnya untuk melayani keperluan medis warga Palestina.

“RS Indonesia di Gaza adalah fasilitas yang dibangun masyarakat Indonesia sepenuhnya untuk tujuan kemanusiaan dan untuk melayani kebutuhan medis masyarakat Palestina di Gaza. RS Indonesia saat ini sudah dikelola sepenuhnya oleh otoritas Palestina di Gaza, meskipun dari waktu ke waktu selalu ada relawan Indonesia yang membantu,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangan tertulis, Selasa (7/11) lalu.

Di luar itu, Al Jazeera mengabarkan Israel juga menyerang sebuah mobil di halaman Rumah Sakit Al Shifa di Gaza City. Belum ada laporan korban jiwa akibat serangan itu.
(dnu/yld/detik)





19 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini