Bantu Pemeriksaan Medis Manggala Agni, Kilang Pertamina Plaju Peduli Garda Terdepan Padamkan Karhutla di Sumsel

0

Palembang, rakyatpembaruan.com –

Sebagai wujud empati dan kepedulian perusahaan, Kilang Pertamina Plaju (PT Kilang Pertamina Internasional) terus membantu meringankan tugas para Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel.

Setelah beberapa waktu sebelumnya tim Fireman diturunkan untuk membantu pemadaman api serta membantu persediaan logistik, kini giliran tim Medical yang diturunkan untuk membantu pemeriksaan kesehatan Brigade Manggala Agni di Posko Jungkal, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Setiap pekannya, total tim pemadam Manggala Agni yang diperiksa kesehatan mencapai lebih dari 150 petugas.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju mengatakan, program pemeriksaan ini dijalankan secara berkala sejak 3 Oktober 2023 lalu.

“Kami meyakini kebakaran lahan ini adalah hal yang tidak diinginkan sehingga peran sekecil apapun yang dilakukan akan memberikan dampak positif bagi warga,“ ujar Rachmi.

Sejauh ini, sudah sekitar 400 paket kesehatan digelontorkan Kilang Pertamina Plaju untuk Brigade Manggala Agni, berupa obat tetes mata, vitamin, obat luka bakar, dan oralit. Jika ditotal, bantuan yang telah diberikan mencapai 46 Juta Rupiah.

Rata-rata, Brigade Manggala Agni ini sudah bermukim di posko ini sejak beberapa bulan terakhir, dengan sarana dan prasarana yang amat sederhana.

Posko yang dikunjungi, antara lain Posko Jungkal di Kecamatan Pampangan, posko Kayuagung di OKI, dan posko Indralaya di Kecamatan Ogan Ilir, tim medis yang diturunkan sebanyak 1 dokter dan 2 paramedis.

Beragam keluhan dirasakan brigade Manggala Agni, misalnya Dediansyah (40) yang akhir-akhir ini sering mengeluhkan gatal di kaki. Atau Sanul (35) yang sering tiba-tiba sakit kepala dan batuk berdahak.

Sejauh ini, keluhan yang dapat ditangani di tempat, langsung mendapatkan perlakuan medis langsung dari tenaga yang hadir, dan akan diarahkan ke fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat jika terdapat gejala yang parah.

“Semoga ikhtiar yang dilakukan Pertamina bersama masyarakat ini dapat meringankan dampak dari bencana Karhutla. Kami siap bahu membahu dalam mengatasi kebakaran ini agar situasi lekas membaik dan kerugian yang dirasakan masyarakat juga berkurang,” sambung Rachmi.

Sementara, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Ferdian Krisnanto mengucapkan terimakasih atas dukungan penuh Kilang Pertamina Plaju terhadap Brigade Manggala Agni. “Pertamina sampai dengan saat ini rutin membantu kami, yang saat ini masih membutuhkan pasukan yang sehat,” katanya.

Ia mengatakan, banyaknya personel yang disiagakan untuk penanggulangan Karhutla di beberapa kabupaten di Sumsel seperti Musi Banyuasin, Banyuasin, Lahat dan OKI, memang membutuhkan dukungan dari pihak lain, termasuk perusahaan dalam penyediaan logistik.

*Dukung SDGs dan ESG*

Soal komitmen pada pelestarian hutan dan lahan dari Karhutla ini, Kilang Pertamina Plaju turut mendukung tercapainya tujuan ke 15 dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yakni melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan dan mengelola hutan secara lestari.

Kilang Pertamina Plaju juga dengan ini telah turut mendukung terpenuhinya aspek Environmental, Social & Governance (ESG) dalam upaya mendukung pelestarian lingkungan. (Adi/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini