Bawaslu Bakal Libatkan Influencer Sosialisasikan Pemilu 2024

0
Foto: Ilustrasi Gedung Bawaslu (Karin-detikcom)
Jakarta – Bawaslu RI bakal menggandeng influencer untuk terlibat dalam sosialisasi Pemilu 2024. Bawaslu menilai keterlibatan influencer penting untuk menyebarkan informasi lewat media sosial saat ini.

Hal ini disampaikan Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda, dalam diskusi Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), ‘Keterbukaan Informasi Penyelenggaraan Pemilu dan Peran Kritis Masyarakat Sipil dalam Mengaudit Sistem Elektronik pada Tahapan Pemilu Serentak 2024’ di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2023).

“Berdasarkan evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu, terutama juga nanti kita akan melibatkan secara luas seluruh komponen masyarakat terutama keterlibatan perempuan,” kata Herwyn.


“Termasuk juga keterlibatan dari para influencer yang memang kontribusi yang cukup besar di kala teknologi informasi sudah meningkat saat ini, di kala segmen terkait penyebaran informasi melalui influencer itu sangat memudahkan,” sambungnya.

Herwyn mengatakan Bawaslu berupaya membuat Pemilu digelar secara transparan. Herwyn menyebut keterlibatan masyarakat dapat muncul jika ada informasi yang beredar.

“Keterlibatan publik itu kan bisa muncul jika mendapatkan informasi yang seluas-luasnya, walaupun bukan terbuka sekali, ada juga informasi yang dikecualikan,” ujarnya.

“Kami akan berupaya informasi yang ada di Bawaslu, penyelenggaraan atau pengawasan pemilu yang ada di Bawaslu akan dinikmati oleh seluruh masyarakat yang nantinya mereka diharapkan terlibat,” imbuh Herwyn.

(amw/haf/detik)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here