Belanja di Malaysia Kini Bisa Pakai Rupiah via QRIS

0
Jakarta – Bank Indonesia hari ini resmi meluncurkan QRIS Antar Negara dengan Malaysia. Dengan fasilitas ini transaksi di Malaysia bisa menggunakan uang rupiah hanya dengan melakukan scan QR Code.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan pihaknya sudah melakukan pilot program di Malaysia dan kini siap implementasi secara penuh.

“Akan diluncurkan QRIS antar negara dengan Malaysia, yang setelah piloting sekarang mulai hari ini akan bisa implementasi secara penuh,” ungkap Perry Warjiyo dalam agenda FEKDI 2023 secara virtual, Senin (8/5/2023).

Implementasi QRIS antar negara sebelumnya sudah dilakukan di Thailand, kini hal itu menyusul dilakukan di Malaysia mulai hari ini.

Perry menyatakan dalam waktu dekat implementasinya akan bertambah ke negara Singapura dan Filipina.

“Ini merupakan bagian dari 5 Asean Connectivity, setelah dengan Thailand, hari ini Malaysia. Insyaallah ke depannya, Singapura dan Filipina, baru setelah itu seluruh Asean,” ungkap Perry.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo menyatakan pengembangan QRIS antar negara sangat penting untuk dilakukan karena dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan inklusi keuangan antar negara di kawasan Asia Tenggara.

“Pengembangan konektivitas pembayaran di kawasan Asean seperti QRIS Antar Negara ini juga mendesak untuk diperkuat karena mendukung perekonomian dan inklusi keuangan di kawasan. Hal ini juga jadi bagian penting keketuaan Asean bagi Indonesia tahun ini,” ujar Jokowi dalam acara yang sama.

(hal/dna/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini