Beroperasi Selama 12 Juta Jam Kerja Aman Sepanjang 2023, Kilang Pertamina Plaju Terus Utamakan Keselamatan Kerja

0

Plaju, rakyatpembaruan.com –

Sepanjang 2023, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju telah mencatatkan kinerja dan capaian gemilang dalam aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE).

Hal itu ditandai dengan ketercapaian target perusahaan di beberapa lingkup HSSE, yang menjadi bagian krusial dalam menunjang kinerja operasional.

Sejak 9 Desember 2009, Kilang Pertamina Plaju telah mencatatkan 128.355.896 jam kerja aman (JKA). Sementara, sepanjang 2023, Kilang Plaju telah beroperasi selama 12 juta lebih jam kerja aman.

Angka TRIR (Total Recordable Incident Rate) yang juga nol, tidak hanya mencerminkan komitmen, tetapi juga kerja keras dari semua unsur pekerja yang terlibat dalam operasional dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman.

Dalam sebuah industri yang begitu dinamis, capaian ini bukan hanya suatu prestasi, tetapi juga menjadi bukti nyata dari standar keselamatan yang tinggi yang dipegang teguh oleh Kilang Pertamina Plaju. Penegakkan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) juga didukung oleh partisipasi aktif dari 869 pekerja, serta 3.675 kontraktor.

Pada aspek kesehatan kerja, Kilang Pertamina Plaju melalui Bagian Health Fungsi HSSE telah merampungkan target 100% Pemeriksaan Medis atau Medical Check Up (MCU). Hal ini menjadi bukti komitmen perusahaan dalam memastikan kesehatan semua pekerja dan kontraktor yang terlibat dalam operasional.

*Raih 12 Penghargaan di Aspek HSSE*

Beberapa penghargaan di level nasional di dalam aspek HSSE pun telah diraih perusahaan. Diantaranya adalah penghargaan PROPER Emas 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Subroto Award, Patra Karya Raksa Tama, Patra Karya Adinugraha VI dari Kementerian ESDM, serta penghargaan dari berbagai organisasi terkait keselamatan seperti Indonesia Safety Excellence Award dan WSO (World Safety Organization) Indonesia Safety Culture Award atau WISCA.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari mengatakan, realisasi kinerja dan pencapaian perusahaan dalam aspek HSSE menunjukkan komitmen keberlanjutan perusahaan.

“Lewat penguatan aspek HSSE, kami terus berkomitmen menciptakan keberlanjutan dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, serta selalu comply to regulations,” kata Rachmi.

Ia mohon doa agar di tahun 2024, Kilang Pertamina Plaju dapat mencapai kinerja excellence demi memastikan keandalan dan kelancaran pasokan energi. “Kami mohon doa, agar di tahun 2024 ini, kilang kita senantiasa diberikan keselamatan, sehingga mampu terus mensuplai kebutuhan energi terbaik untuk negeri,” tutupnya.
(Adi/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini