Bocah 3 Tahun di Texas Tak Sengaja Tembak Kakaknya dengan Pistol

0
ilustrasi
Jakarta – Bocah 3 tahun di Texas tidak sengaja tembak kakaknya yang berusia 4 tahun dengan pistol. Saat kejadian, di lokasi ada lima orang dewasa termasuk orang tua mereka di rumah mereka, kata polisi.

“Anak berusia tiga tahun itu memperoleh akses ke pistol semi-otomatis yang terisi,” kata Sheriff Harris County Ed Gonzalez, dilansir AFP, Selasa (14/3/2023).

Kejadian itu terjadi pada Minggu (12/3) malam. Ketika anggota keluarga mendengar satu tembakan, mereka berlari ke kamar tidur dan menemukan gadis berusia empat tahun di lantai “tidak responsif”, katanya.

Gonzalez menekankan bahwa penembakan itu tidak disengaja. “Sepertinya kisah tragis lain tentang seorang anak yang mendapatkan akses ke senjata api dan melukai orang lain,” kata Gonzalez.

Sekitar 40 persen rumah tangga AS memiliki senjata, menurut Pew Research Center, dengan sebagian besar juga termasuk anak-anak.

Tetapi kurang dari separuh rumah tangga dengan senjata menyimpannya dengan aman, menurut Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Johns Hopkins.

Lebih dari 44.000 kematian senjata api dilaporkan tahun lalu di seluruh Amerika Serikat.

Penembakan adalah penyebab utama kematian di kalangan anak di bawah 18 tahun lalu, dengan hampir 1.700 kasus, termasuk 314 di bawah 11 tahun, menurut Arsip Kekerasan Senjata Api.

Texas, dengan 30 juta penduduk, adalah salah satu tempat termudah di negara ini untuk mendapatkan senjata dan dapat dibawa di depan umum tanpa batasan.

“Ini sangat bisa dicegah,” kata Gonzalez tentang penembakan hari Minggu.

“Anda harus memastikan bahwa Anda adalah pemilik senjata yang bertanggung jawab, mengamankan senjata Anda di tempat yang aman. Ini harus lebih dari sekadar memberi tahu anak kecil untuk tidak menyentuh senjata,” katanya.
(eva/eva)