Cerita Hari Pertama Dito Ariotedjo Menteri Termuda di Kabinet Jokowi

0
Jakarta – Dito Ariotedjo menjalani upacara serah terima jabatan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Dalam sertijab itu, Dito bercerita soal hari pertama dirinya datang ke Kemenpora usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sertijab Menpora digelar di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (4/4/2023). Serah terima jabatan dilakukan dari Menko PMK, yang sempat menjabat Plt Menpora Muhadjir Effendy, dengan Dito.

Sertijab itu juga dihadiri mantan Menpora Zainudin Amali, Wakil Ketua Komisi X DPR Fraksi Golkar Hetifah Sjaifudian, Ketua DPP Golkar Meutya Hafid, dan Ketua DPP Golkar Dave Laksono. Pengurus organisasi cabang olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI), serta pejabat internal Kemenpora juga hadir dalam sertijab.

Muhadjir awalnya menyampaikan sambutan sebagai Plt Menpora. Muhadjir menyebut telah menjalankan tugas sementara dengan selamat.

“Alhamdulillah berakhir sudah masa pemberian tugas saya sebagai Plt Menpora dan juga saya lalui dengan selamat, aman, dan sentosa,” kata Muhadjir dalam sambutannya.

Selanjutnya, giliran Dito yang menyampaikan sambutan. Dito mengatakan hari ini merupakan momen spesial dalam hidupnya.

“Ini merupakan hari yang spesial dan sangat bersejarah mungkin ya. Apalagi saya juga sudah didampingi anak dan istri saya. Kami keluarga muda. Jadi ini menjadi perubahan hidup saya nggak sampai seminggu ke belakang ini,” kata Dito.

Dito juga bercerita dirinya mendadak ditelepon pihak Istana menjelang pelantikan. Dia mengaku tak menyangka saat mendapat kabar dirinya ditunjuk sebagai Menpora pada Sabtu (1/4).

“Saya ditelepon hari Sabtu. Ditelepon tiba-tiba, disuruh siap-siap, Minggu siap-siap. Dari hari Senin-lah kemerdekaan saya dan istri saya diambil, tapi nggak papa, demi NKRI,” ujar Dito disambut riuh para hadirin.

Cerita Hari Pertama di Kemenpora

Dito juga bercanda soal momen dirinya pertama kali ngantor usai dilantik Jokowi pada Senin (3/4). Dito kemudian berkelakar soal usianya yang mungkin sama dengan anak ataupun cucu para pegawai Kemenpora. Dito pun mengaku memimpin kementerian merupakan hal baru bagi dirinya.

“Jadi kemarin saat pertama kali saya masuk kantor Menpora di lantai 10, Pak Menko, saya berkumpul dengan jajaran Kemenpora. Saya langsung apa adanya bahwa mungkin bapak dan ibu di sini, ini merupakan hal yang baru dirasakan, mendadak dipimpin oleh anak yang mungkin usianya sama kayak anaknya dan cucunya,” kata Dito.

Dia mengaku tak masalah jika ada yang meragukan dirinya memimpin Kemenpora. Dito menjamin akan bekerja dengan penuh komitmen untuk menjawab kepercayaan Jokowi.

“Saya tidak bisa menyampingkan bahwa saya tidak masalah diragukan dan saya juga sangat yakin pasti saya akan dipertanyakan. Tapi saya sudah memberikan komitmen bahwa saya di sini atas kepercayaan Pak Presiden dan ketum saya yang telah merekomendasikan saya,” ujar Dito.

Dito mengatakan berkomitmen memajukan bidang olahraga dan kepemudaan. Dia kembali bercanda, jika ada yang ‘mengganggunya’, berarti tak mau baik-baik dengan anak muda.

“Jadi apa pun yang saya hadapi saya akan pasang badan untuk memajukan olahraga dan pemuda Indonesia. Oleh karena itu, para stakeholder, ingat Menpora-nya 32 tahun. Kalau mau gangguin atau nggak ngomong baik-baik berarti kalian nggak mau baik-baik sama generasi muda,” kata Dito sambil tertawa.

(haf/detik)