Cerita Keberanian Bocah SMP Bantu Damkar Kena Macet Tuai Pujian

0
Jakarta – Sungguh berani aksi seorang siswa SMP membuka jalur untuk akses mobil pemadam kebakaran (damkar) yang terjebak kemacetan di Kota Bogor, Jawa Barat. Aksi heroik bocah SMP itu menuai pujian.

Dirangkum detikcom, Selasa (24/1/2023), momen bocah SMP membuka jalur untuk mobil damkar itu terjadi ketika unit damkar Sektor Ciomas sedang dalam perjalanan usai diperbantukan bertugas melakukan pemadaman kebakaran di kawasan Wanaherang, Gunungputri, Kabupaten Bogor.

“Posisi lagi mau berangkat ke TKP kebakaran di Gunung Putri yang lapak rongsokan. Jadi kebetulan di kiri padat, jadi akhirnya ambil kanan,” ucap Mulyana saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/1) lalu.


Mobil damkar sudah mulai terjebak di Jalan Raya Pancasan. Namun kemacetan semakin parah ketika unit tiba di Simpang Empang arah Mal BTM menuju Jalan Ir Juanda Kota Bogor. Dititik macet inilah bocah SMP itu beraksi.

Dengan berani, ia membelah jalur antara kendaraan yang melaju ke arah Mal BTM dan arah Simpang Empang. Dengan berjalan kaki, bocah yang masih berseragam sekolah putih-biru lengkap dengan tas dipunggungnya itu meminta pengendara merapat ke kiri jalan dan memberi jarak untuk damkar yang akan melintas.

“Iya, posisinya (siswa SMP) lagi nongkrong, mungkin ngelihat posisi lalu lintas macet, kita kelihatan kesulitan, mungkin dia coba ingin bantu ngatur jalan. Walaupun memang risiko dia lumayan itu,” kata Mulyana.

Mulyana mengatakan apa yang dilakukan bocah itu sangat membantu petugas damkar. Dia mengapresiasi betul apa yang dilakukan bocah SMP tersebut.

“Sangat kebantu itu, kan memang zaman sekarang susah mau peduli sama damkar. Apresiasi banget sama anak sekolah itu peduli dengan kesulitan kita ketika kita memang lagi urgen,” tuturnya.

Siswa SMP itu Bernama Alfin

Sosok siswa SMP yang viral karena aksi heroiknya membuka jalur untuk akses mobil damkar terjebak kemacetan di Kota Bogor akhirnya diketahui. Siswa itu bernama Alfin Alfarizi, bocah 14 tahun siswa kelas III SMP Negeri 7 Kota Bogor.

“Iya itu saya, itu pas saya pulang sekolah. Saya sekolah di SMPN 7 yang di Paledang,” kata Alfin saat ditemui di rumahnya di Kelurahan Pasir Jaya, Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin (23/1).

Ini sosok siswa SMP yang bantu buka jalur damkar saat tekena macet (Solihin/detikcom)Ini sosok siswa SMP yang bantu buka jalur damkar saat tekena macet (Solihin/detikcom) Foto: Ini sosok siswa SMP yang bantu buka jalur damkar saat tekena macet (Solihin/detikcom)

Alfin mengaku tidak tahu aksinya membuka jalur untuk mobil damkar itu viral di media sosial. Pelajar yang aktif di organisasi kepramukaan ini mengaku tidak memiliki akun media sosial Instagram.

“Saya nggak tahu saya viral, saya kan nggak punya Instagram. Saya dikasih tahu teman saya, saya buka link-nya di handphone teman saya itu, baru tahu itu hari Sabtu. Terus di rumah dikasih tahu juga sama kakak saya,” kata anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Alfin mengatakan membuka jalur untuk akses mobil damkar yang terjebak kemacetan di Kota Bogor itu atas inisiatifnya sendiri. Dia pun saat itu memang tengah berjalan kaki untuk pulang ke rumah. Dia mengaku melakukan itu karena inisiatifnya sendiri.

“Itu memang saya sedang jalan pulang sekolah, di situ keadaan sangat macet. Pas macet saya melihat mobil pemadam kebakaran yang kejebak juga di kemacetan,” cerita Alfin.

“Terus saya inisiatif aja, ke tengah jalan, ngasih pengawalan, bukain jalur maksudnya, biar damkar itu lolos dari kemacetan,” imbuhnya.

Alasan Alfin Buka Jalur Mobil Damkar

Alfin membeberkan alasannya untuk berani turun ke jalan membuka akses untuk mobil damkar yang terjebak macet di Kota Bogor. Bocah yang viral karena aksi heroiknya itu mengaku hanya ingin membantu mobil damkar agar lolos dari kemacetan.
Ads by

“Tidak (takut ketabrak), kan keadaannya juga memang lagi macet, banyak mobil berhenti. Jadi memang saya nggak mikir apa-apa, pokoknya ke tengah jalan cuma mau bukain jalan buat mobil damkar itu,” kata Alfin.

Alvin mengaku tak jarang menyaksikan pengendara yang enggan memberi jalan untuk kendaraan prioritas. Alfin mengaku aksinya itu hanya spontan.

“Itu keinginan sendiri, spontan aja. Memang saya dari dulu kalau melihat kendaraan kaya ambulans, damkar, itu selalu pengin bantu terus, suka kesel sendiri kalau ada yang nggak kasih jalan, pengin bantu aja sama kendaraan prioritas,” katanya.

“Iya, karena di situ juga, pas kejadian kemarin itu masih ada kendaraan yang belum sadar gitu. Mungkin walaupun sirene sudah kencang, mungkin karena dia dari dalam kedap suara ya, jadi nggak dengar. Pas saya ke depan mobilnya, terus kasih kode ada damkar di belakang, dia baru minggir,” imbuhnya.

Alfin Siswa SMP Berprestasi

Alfin merupakan ketua pramuka di sekolahnya. Dia bahkan pernah mewakili Kota Bogor dalam kegiatan Jambore Nasional 2022 di Cibubur, Jakarta Timur. Alfin merupakan satu dari 16 orang yang lolos seleksi dari 60 SMP di Kota Bogor.

Siswa berprestasi ini hidup bersama nenek dan dua saudara kandungnya. Sementara kedua orang tuanya sudah bercerai dan kini sudah memiliki keluarga masing-masing.

Alfin memiliki cita-cita menjadi seorang anggota TNI. Dia mengaku akan berkeras untuk mencapai impiannya itu.

“Kalau saya cita-cita ingin jadi TNI, mau ikut seleksi nanti,” kata bocah laki yang hobi olahraga lari ini.

Bima Arya Temui Alfin

Wali Kota Bogor Bima Arya mengapresiasi sikap berani Alfin yang viral membantu damkar lolos dari kemacetan di Kota Bogor. Bima menyebut, apa yang dilakukan Alfin menginspirasi banyak orang.

(Solihin/detik)

Bima Arya datang langsung ke kediaman Alfin untuk memberi dukungan sekaligus mengapresiasi sikap berani dan pedulinya. Setelah berjalan kaki menyusuri gang-gang sempit di Kelurahan Pasir Jaya, Bima kemudian tiba dan disambut oleh Alfin dan neneknya, Sri Sitiswari (66).

Usai berbincang dan mendapat cerita langsung dari Alfin, Bima kemudian memberi hadiah berupa sepeda dan sepasang sepatu untuk Alfin. Bima juga memberi buku untuk bahan bacaan. Bima menyebut, hadiah tersebut merupakan apresiasi dari sikap berani dan kepedulian Alfin.

“Ini hadiah karena telah membantu warga, hadiah karena sudah memberikan inspirasi orang banyak, memudahkan petugas,” kata Bima, Senin (23/1).

Bima berharap, sosok dan sikap peduli Alfin menular ke pemuda-pemuda lainnya, khususnya di Kota Bogor.

“Anak-anak muda memang harus begitu. berani dalam kebaikan, membantu orang. Berjasa sekali. Terima kasih Alfin,” ucap Bima.

“Alfin adalah contoh baik yang mengamalkan dengan baik Dasa Darma Pramuka, kasih sayang sesama manusia, rela menolong dan juga berani. Semoga sehat selalu, terkabul cita-citanya (menjadi TNI),” tambahnya.

Alfin Jadi Anak Asuh Kapolresta Bogor

Tak hanya Bima Arya, Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso juga mengapresiasi aksi heroik Alfin. Kombes Bismo mendatangi kediaman Alfin dan mengangkatnya menjadi anak asuh.

(Solihin/detik)
“Saya siap untuk membantu kang Alfin Alfarizki 24 jam, dan saya sudah bertukar nomor handphone saya, dan saya siap menjadi bapak asuh, baik selama saya menjabat maupun setelah saya menjabat sebagai Kapolresta Bogor Kota,” kata Bismo di kediaman Alfin, Senin (23/1/2023) malam.
Bismo menyebut, datang menemui Alfin untuk memberi apresiasi langsung atas aksi heroiknya. Bismo datang bersama jajarannya, mulai dari Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria dan Kapolsek Bogor Barat Kompol Sri Marhaeni.

“Malam hari ini adalah wujud apresiasi saya, mendatangi kediaman Alfin Alfarizki, seorang pemuda yang gagah berani yang memiliki keterpanggilan jiwa dalam situasi darurat, yang saat itu ada mobil Damkar yang (melaju) dari arah BTM ke arah Simpang Empang. Beliau itu memberikan jalan dengan mengatur lalulintas sehingga mobil damkar itu dapat akses melaju dengan mudah,” ungkap Bismo.

Ia berharap, aksi peduli Alfin dapat menular dan memotivasi pemuda lain di Kota Bogor untuk siaga membantu bersama.

“Ini adalah wujud kami dari jajaran Polresta Bogor Kota, memberikan apresiasi dan menjadikan motivasi untuk pemuda di Bogor Kota, dengan pemuda seumuran beliau ini memiliki jiwa bersih, jiwa murni untuk menolong sesama, dan itu tentu menjadi motivasi bagi kita semua, untuk mencontoh beliau,” ucap Bismo.

Bismo meminta kepada masyarakat untuk mendahulukan kendaraan prioritas. Karena ambulans dan Damkar merupakan kendaraan bersifat darurat dan berkaitan dengan penyelamatan jiwa.

(fas/dek/detik)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here