Dirjen Perkeretaapian Siapkan Kuota 12.180 Motor Gratis Mudik via Kereta Api

0
Motor Mudik Gratis via Kereta Api (Agung Pambudhy/detik)
Jakarta – (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik ‘Motor Gratis’ dengan kereta api (KA) pada Idul Fitri atau Lebaran 2024. Telah disiapkan kuota sebanyak 12.180 motor untuk program tersebut.

Dilansir Antara, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar mengatakan fasilitas layanan bertajuk ‘Motis’ atau ‘Motor Gratis’ tersebut akan dibuka sejak Senin, 4 Maret. Program itu akan melayani arus mudik hingga arus balik Lebaran nantinya.

“Untuk pendaftaran dimulai Senin 4 Maret sampai 18 April 2024. Untuk pelaksanaan Motis itu akan dilakukan selama tujuh hari di arus mudik dan tujuh hari di arus balik. Dengan periode Motis selama 14 hari baik harus balik maupun arus mudik itu kuota disiapkan 28.196 orang penumpang dan 12.180 unit motor,” kata Arif, Jumat (1/3/2024).

Masyarakat bisa mendaftar melalui website resmi, yakni mudikgratis.dephub.go.id. Persyaratan yang harus disiapkan adalah KTP, SIM yang masih berlaku, kartu keluarga, serta STNK yang juga masih berlaku atau tidak mati pajak, serta besaran motor kurang dari 200 cc.

Selain itu, masyarakat bisa mendaftar secara langsung ke stasiun dengan membawa kendaraan beserta persyaratan yang telah ditetapkan tersebut. Semua berkas seperti KTP dan lainnya wajib membawa yang asli dan foto kopian, karena yang asli hanya akan diperlihatkan pada saat verifikasi.

Dia menyebut lokasi pendaftaran langsung dapat dilakukan di Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tanggerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen.

Arus mudik akan dimulai pada 2 hingga 8 April. Sedangkan arus balik pada 13-19 April.

Arif menuturkan angkutan motor gratis dilakukan di tiga layanan pertama di lintas utara mulai dari Stasiun Cilegon-Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan- Semarang Tawang. Di lintas ini pelayanan hanya akan dilakukan sekali sehari dengan kapasitas 530 penumpang dan 232 unit motor per hari.

“Jadi untuk pelayanan di lintas utara itu akan dilayani dengan satu lokomotif nanti ada lima kereta K3 PSO (Public Service Obligation), empat kereta bagasi, dan 1 KMP3 kereta makan. Lintas utara ini sehari hanya ada satu layanan selama tujuh hari dari tanggal 2-8 April. Dan kemudian baliknya juga sama 13-19 April,” jelasnya.

Kemudian di lintas tengah sehari dua kali pelayanan dari Stasiun Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo. Dengan kapasitas penumpang 1.060 orang dan 464 unit motor per hari.

(aik/dnu/detik)