El Nino di Depan Mata, Ini yang Bakal Dilakukan Pemerintah

0
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.Foto: Agung Pambudhy
Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan pemerintah telah mempersiapkan sejumlah langkah menghadapi ancaman el nino yang diperkirakan terjadi pada Agustus 2023 mendatang.

Satu langkah yang dimaksud adalah dengan mendorong pemerintah daerah dan masyarakat sekitar untuk membuat sistem irigasi atau pengairan-pengairan baru.

Menurutnya hal ini perlu dilakukan agar saat musim kemarau tiba, ketersediaan air masih mencukupi kebutuhan terutama untuk sektor pertanian.

“Pertama inisiatif menjaga air, menyiapkan air termasuk tidak membuang-buang air,” kata Syahrul sebagaimana dikutip dari Antara, Sabtu (10/6/2023).

Lebih lanjut, ia juga berpesan kepada para petani untuk menanam varietas Inpago 13 Fortiz atau padi gogo. Padi tersebut diketahui mampu beradaptasi (tumbuh) bahkan saat musim kering.

Ia berharap setiap provinsi di Indonesia mulai menanami padi jenis tersebut. Dengan begitu, pasokan pangan Tanah Air dapat terjaga meski dilanda el nino.

“Jadi meskipun el nino, kita sudah siap menghadapi atau mengantisipasinya apabila sudah menerapkan langkah-langkah tersebut,” ujarnya lagi.

(hns/detik)