Erdogan Terpilih Lagi Jadi Presiden Turki, Serukan Persatuan dan Solidaritas

0
Presiden Turki Erdogan dan istrinya Ermine melambaikan tangan saat berbicara kepada para pendukungnya menyusul kemenangannya dalam putaran kedua pemilihan presiden di Istana Kepresidenan di Ankara, Turki 28 Mei 2023.
Jakarta – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan persatuan dan solidaritas setelah memenangkan pemungutan suara Pilpres Turki putaran kedua. Erdoga akan memperpanjang pemerintahannya selama dua dekade hingga 2028.

“Kita harus bersatu dalam persatuan dan solidaritas,” kata Erdogan di hadapan lautan pendukungnya di luar istana kepresidenan di Ankara, Turki, seperti dilansir AFP, Senin (29/5/2023).

“Kami menyerukan ini dengan sepenuh hati,” tambahnya.

Seruan Erdogan ini datang setelah Pilpres Turki yang memecah belah ini membuatnya mengalahkan pemimpin oposisi, Kemal Kilicdaroglu, dengan selisih empat poin persentase. Selama kampanye, kedua kandidat saling menuduh mendukung teroris dan menyebarkan informasi yang salah.

Pernyataan konsesi singkat Kilicdaroglu mengungkapkan ‘kesedihan nyata tentang kesulitan besar yang menunggu negara’ dengan Erdogan.

Erdogan mengatakan kepada para pendukungnya bahwa pemilihan ini adalah yang paling penting di Turki di era modern.

“Kami tidak memiliki kebencian, tidak ada kemarahan atau frustrasi dengan siapa pun,” ucapnya.

Untuk diketahui, Recep Tayyip Erdogan telah resmi memenangkan pemilihan presiden (pilpres) Turki putaran kedua. Erdogan akan memperpanjang pemerintahannya hingga tahun 2028.

“Berdasarkan hasil sementara, telah ditentukan bahwa Recep Tayyip Erdogan terpilih sebagai presiden,” kata Ketua Dewan Pemilihan Tertinggi Ahmet Yener seperti dikutip AFP dari kantor berita negara Anadolu, Senin (29/5).

(fas/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini