Gardu Induk Mukomuko PLN Beroperasi, Suplai Listrik di 15 Kecamatan Semakin Andal

41

BENGKULU, rakyatpembaruan.com –

Gardu Induk (GI) PLN di Mukomuko bertegangan 150 kV yang terletak di Desa Sidomakmur, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko siap melayani masyarakat. _Energize_ GI Mukomuko telah dilaksanakan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bengkulu pada 23 Desember 2023 lalu.

Gardu Induk Mukomuko memiliki kapasitas 60 MVA yang akan digunakan untuk mensuplai 4 (empat) penyulang di 15 kecamatan pada Kabupaten Mukomuko dengan beban total sebesar 13 MVA.

Beroperasinya GI Mukomuko menjadi salah satu upaya PLN menyediakan listrik yang handal dan efisien dengan mengalihkan sulplai kelistrikan yang selama ini menggunakan mesin pembangkit berbahan bakar solar ke sistem jaringan/grid PLN. Hal ini sekaligus mendukung upaya penyediaan green energi sekaligus untuk meningkatkan status Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mukomuko dari Isolated System menjadi Grid System.

Manager PLN Bengkulu, Muhammad Syafdinnur mengatakan, keberadaan gardu induk ini akan meningkatkan kualitas layanan sistem kelistrikan Bengkulu, terutama keandalan sistem distribusi dan pasokan listrik kepada pelanggan di Kabupaten Mukomuko.

“Selama ini Kabupaten Mukomuko dilayani oleh ULP Mukomuko menggunakan mesin PLTD. Dengan kehadiran GI ini, pasokan listrik bagi masyarakat akan lebih stabil dan andal,” ujar Syafdinnur.

PLH General Manager PLN UID S2JB, Toni Wahyu Wibowo mengatakan, pengoperasian GI Mukomuko telah dilaksanakan dengan prosedur K3 yang ketat. Hal ini sebagai komitmen PLN untuk terus memastikan pekerjaan dilakukan secara aman dan mengutamakan keselamatan kerja. Selain itu juga tetap memastikan kenyamanan seluruh pelanggan PLN selama masa libur Natal dan Tahun Baru ini.

(Adi/rp)





41 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini