Gempa M 6,3 Afghanistan Korban Tewas Bertambah Jadi 2.445 Orang

0
Jakarta – Korban gempa magnitudo (M) 6,3 yang mengguncang Afghanistan kembali bertambah. Jumlah korban tewas bertambah menjadi lebih 2.400 orang.

Dilansir Reuters, Senin (9/10/2023) Juru bicara Kementerian Penanggulangan Bencana, Janan Sayeeq, mengatakan jumlah korban tewas meningkat menjadi 2.445 orang. Ia juga merevisi jumlah korban yang mengalami luka.

“Lebih dari 2.000 (korban luka),” ujar Janan Sayeeq. Sebelumnya, dia menyebutkan terdapat 9.240 orang terluka.

Sayeeq juga mengatakan 1.320 rumah rusak atau hancur. Jumlah korban tewas ini diketahui melonjak dari 500 yang dilaporkan sebelumnya pada hari Minggu oleh Bulan Sabit Merah.

Seorang pejabat departemen kesehatan Herat, Dr Danish, mengatakan lebih dari 200 orang tewas telah dibawa ke berbagai rumah sakit. Ia menyebut sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

“Jenazah telah dibawa ke beberapa tempat – pangkalan militer, rumah sakit,” kata Danish.

Diberitakan sebelumnya, gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 6,3 mengguncang Afghanistan.

Dilansir AFP, Minggu (8/10/2023), Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan pusat gempa berada 40 kilometer (25 mil) barat laut kota terbesar di kawasan itu, Herat. Gempa ini terjadi pada Sabtu (7/10) pagi waktu setempat dan diikuti oleh delapan gempa susulan dengan kekuatan antara 4,3 dan 6,3.

“Sejauh ini, lebih dari 1.000 perempuan, anak-anak, dan warga lanjut usia yang terluka telah dimasukkan dalam catatan kami, dan sekitar 120 orang telah kehilangan nyawa mereka,” kata Kepala Penanggulangan Bencana Provinsi Herat, Mosa Ashari, kepada AFP.
(dwia/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini