Giliran Sekda Palembang Ratu Dewa Disuntik Vaksin Covid 19

0

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa hari ini disuntik vaksin Covid-19 jenis Sinovac, di lantai 3 G10 ruang medical check up Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palembang BARI, Kamis (22/1/2021).

Ratu Dewa sebelum sudah mendapat SMS Blast dari 1199 sebagai salah satu syarat mengikuti tes ini.

Tiba di RSUD BARI sekitar pukul 08.00, Ratu Dewa menjalani proses vaksinasi dengan melewati empat alur, seusai petunjuk teknis. Mulai dari pendaftaran dan verifikasi, pemeriksaan kesehatan, proses penyuntikan hingga observasi selama 30 menit.

Sekda Ratu Dewa disuntik vaksin oleh dr Yulius Fitora MS, Kepala Instalasi Rawat Inap RSUD BARI Palembang.

“Sesuai komitmen, saya siap divaksin. Alhamdulillah, sudah. Dan berjalan lancar,” kata Dewa, kepada wartawan.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Palembang untuk tidak takut disuntik vaksin. Terutama jika sudah mendapat SMS. Selain itu, vaksin Sinovac juga sudah mendapat izin dari BBPOM dan halal.

“Suntikan vaksin ini upaya kita untuk menghadapi virus Covid-19. Kondisi saya sehat-sehat saja setelah divaksin,” ujar Dewa.

Ia menuturkan, sebelum menjalani vaksin, ia mencari tahu lebih dulu informasi soal vaksin. Misal soal keunggulan, apa yang terjadi setelah divaksin, dan hal terkait lainnya.

“Juga bertanya tentang vaksin kepada ahlinya. Konsultasi. Jangan bertanya dengan yang tidak tahu, atau yang bukan ahlinya.”

Setelah mendapat banyak informasi, Dewa yakin vaksin tersebut lebih banyak maslahat atau sisi baiknya.

“Karena itu saya siap divaksin. Sesudah disuntik, biasa-biasa saja. Tidak pegal-pegal. Seperti suntik biasa saja.

Dewa mengatakan, sudah ada 923 tenaga kesehatan yang datang dan divaksin. Dari jumlah itu, 657 orang yang sudah divaksin, 154 orang ditunda karena ada keluhan tensi darah tinggi, dan ada tertolak 102 orang karena ada penyakit khusus.

“Sejauh ini tidak ada yang sengaja menolak, untuk sanksi bagi yang tidak mau itu ada petunjuk teknis tersendiri dari Kementerian Kesehatan,” demikian Sekda Ratu Dewa.

Selain Sekda, suntikan vaksin Covid-19 juga diberikan ke perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Palembang dan perwakilan dari Puskesmas 4 Ulu.

(adi/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini