Gojek Beri Beasiswa D3 kepada Putra Putri Mitra Driver di Palembang

0

Palembang, rakyatpembaruan.com –
Salah satu komitmen Gojek, super app terdepan di AsiaTenggara, adalah untuk selalu berupaya meningkatkan taraf hidup para mitra driver dan keluarganya. Kali ini, komitmen tersebut kembali diwujudkan melalui pemberian beasiswa bagi putra/ putri mitra driver.

Menyambut tahun ajaran baru perkuliahan sekaligus bertepatan dengan hari jadi ke-10 tahun Gojek, pada tahun ini Gojek memberikan beasiswa kepada 10 putra/ putri mitra driver berprestasi, yang
mencakup biaya pendidikan selama 6 semester pada jenjang diploma tiga (D3) di politeknik-politeknik negeri unggulan di Indonesia.

Gede Manggala selaku VP Regional Operations Gojek mengungkapkan, “Beasiswa Gojek merupakan
bentuk apresiasi dari Gojek kepada mitra driver yang telah menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan kejujuran selama 10 tahun Gojek mengaspal. Pemberian beasiswa ini sekaligus merupakan bagian dari
program Gojek Swadaya yang ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga mitra driver.”

Gede menambahkan “ Kami memilih beasiswa jenjang D3 Politeknik yang berorientasi kepada praktik kerja, dengan harapan para penerima beasiswa dapat segera terserap sebagai tenaga kerja yang berkualitas dan tepat guna.”

Meski baru diadakan pertama kali untuk jenjang pendidikan tinggi, program beasiswa ini mengundang antusiasme tinggi dari mitra driver sejak awal diumumkan di awal bulan Maret 2020. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 5.000 orang. Setelah proses pendaftaran, baik mitra driver maupun putra/ putrinya harus melewati seleksi ketat yang dilakukan internal Gojek sebelum kemudian
dilanjutkan ke seleksi politeknik, hingga akhirnya terpilih 10 putra/ putri berprestasi terbaik untuk tahun ajaran 2020/2023.

Drs. Zakaria MPd, Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) menyampaikan apresiasinya terhadap program ini.

“Saya mewakili Politeknik Sriwijaya mengucapkan terima kasih kepada Gojek karena memberikan beasiswa ini. Harapan kami jumlah penerima beasiswa ini bisa ditingkatkan ke depannya, karena banyak sekali pelajar yang punya potensi yang hebat namun orang tuanya tidak mampu mengirim mereka ke perguruan tinggi. Dengan adanya bantuan seperti ini bisa memotivasi bagi para siswa dan bagi pelajar yang berhasil mendapatkannya tolong memaksimalkan kesempatan ini. Karena kesempatan ini tidak mudah didapat dan tidak diberikan kepada semua orang. Jika ada masalah akademik ataupun non-akademik, kami siap membantu”.

Pada program beasiswa ini, Gojek bekerja sama dengan politeknik unggulan di masing-masing kota besar di Indonesia yang telah terbukti mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dan tepat guna, diantaranya:
1. Politeknik Negeri Jakarta
2. Politeknik Negeri Bandung
3. Politeknik Negeri Medan
4. Politeknik Negeri Semarang
5. Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang
6. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
7. Politeknik Negeri Ujung Pandang

Melaju Bersama Gojek, Baik Sebagai Mitra Maupun Sebagai Kepala Keluarga
Dari kota Palembang, Muhammad Hilmi dan Karina Syasmitha Anisa sukses diterima di Politeknik Negeri Sriwijaya melalui proses seleksi ketat yang digelar oleh Program Beasiswa Gojek.

Hilmi diterima di jurusan D3 Teknik Elektronika dan Karina di jurusan D3 Manajemen Informatika. Dukungan orang
tua mereka sebagai mitra driver Gojek untuk mengikuti seleksi peraih beasiswa ini, menjadi pemacu semangat untuk bisa melangkah hingga ke tahap akhir.

“Saya bersama orang tua tentu merasa bangga dan senang karena saya mendapat kesempatan untuk mewujudkan cita-cita saya di bidang yang saya sukai. Dukungan orang tua menjadi penyemangat bagi
saya untuk bisa menjalani semua proses seleksi yang dilakukan hingga mencapai tahap akhir dan saya dinyatakan mendapat beasiswa ini,” ungkap Hilmi penuh haru.

Kisah serupa disampaikan oleh Karina Syasmitha Anisa, “Proses saya mendapat beasiswa ini tidak mudah, karena sempat salah mendaftar, dan dibatalkan. Namun dengan usaha dan kerja keras akhirnya
saya berhasil mendapat beasiswa ini. Saya sungguh bahagia karena bisa meraih pendidikan ke jenjang lebih tinggi sekaligus meringankan beban orang tua saya.”

Ayah Hilmi, Hendra Safari yang juga merupakan salah satu mitra driver GoRide di Palembang mengungkapkan rasa syukurnya,” Saya sudah bersama Gojek sejak tahun 2016, dan tahun ini anak saya
berhasil menerima beasiswa dari Gojek. Saya sebagai orang tua sungguh merasa bangga dan bahagia karena kerja keras saya tidak sia-sia selama ini.”

Sebelum adanya program ini, Gojek juga telah memberikan sederet bantuan pendidikan bagi mitra dan anak mitra driver di ragam jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga jenjang pendidikan S2,
yang disalurkan baik oleh Gojek maupun melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB).

Di samping bantuan dalam bidang pendidikan, komitmen Gojek dalam mendukung peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga juga dilakukan melalui berbagai program seperti Bengkel Belajar Mitra (BBM) dan Pelatihan Gojek Swadaya, yang keduanya bertujuan untuk membantu mengembangkan kemampuan diri mitra serta membantu menciptakan pendapatan yang berkesinambungan bagi mitra
dan keluarga.

Informasi lebih lengkap terkait dengan program Beasiswa Gojek dapat dilihat di microsite resmi www.gojek.com/beasiswa.(adi)