Gubernur dan Pangdam II Sriwijaya Tinjau Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

0

OKU Timur, rakyatpembaruan.com-
Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi dan Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH melakukan monitoring atau peninjauan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020 di Kabupaten OKU Timur di Kantor KPU OKUT, Rabu (9/12/2020).

HD menilai semuanya telah berjalan dengan baik, selanjutnya, HD bersama Forkopimda akan sampling ke TPS di Kab OKUT.

“Yang saya monitor adalah proses pemungutan suara ini secara umum berjalan aman dan lancar. Saya apresiasi KPU Bawaslu Prov dan Kab, serta Bupati dan Forkopimda setempat beserta jajaran yang telah mendukung penyelenggaraan Pilkada di Sumsel,” ujarnya.

Meskipun sempat khawatir tentang kurangnya partisipasi masyarakat, HD mengaku lega karena konstituen yang hadir dari pantauan telah melampaui target nasional.

“Salah satu ciri demokrasi, konstituen itu hadir ke TPS artinya mereka menerima ini dengan suka cita. Dari pantauan Sumsel telah melampaui target nasional. Partisipasi ini tentu kerja keras penyelenggara dimana penyelenggaraan ini juga dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) agar tidak ada kluster baru,” katanya.

Selain itu, Ia juga mengapresiasi pengaturan jam-jam pemungutan suara, menurutnya hal ini menandakan bahwa pandemi tidak menghalangi inovasi dari penyelenggara. Selanjutnya, HD berharap agar TNI Polri juga terus membantu mengawasi dan mengawal proses penghitungan suara.

HD meminta agar pihak penyelenggara bersama TNI Polri tetap mengantisipasi berbagai kemungkinan perdebatan yang dikhawatirkan akan mengganggu kondusifitas yang ada, baik itu dari pendataan secara manual maupun secara online yang perlu dilakukan dengan hati-hati dan ada backup data yang akurat.

“Saya datang kesini dengan Pangdam dan Wakapolda mengucapkan terima kasih dimana 7 kab di Sumsel telah menjalani hak konstitusinya dengan aman, damai, tentram. Saya bahagia melihat kedewasaan politik kita sudah semakin mantap. Saya minta ini dijaga,” pungkasnya.(fdd)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini