Harno Beberkan Capaian di Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Palembang ke-1340

0

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Kemajuan perekonomian baik secara nasional maupun di daerah, tak cukup dengan mengandalkan investasi dari pemerintah.

“Sektor swasta juga harus diberikan peran yang lebih besar dalam berinvestasi,” ujar Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Ia mengemukakan hal itu dalam Rapat Paripurna Istimewa HUT Palembang ke-1340, di DPRD Palembang, Sabtu (17/6/2023).

Hadir dalam acara ini, antara lain, Gubernur Sumsel Herman Deru, Wali Kota Palembang, Wawako Fitrianti Agustinda.

Hadir pula Ketua DPRD Palembang Zainal Abidin, bersama para wakil ketua, unsur Forkompinda Kota Palembang, para Kepala OPD Pemkot Palembang, dan tamu undangan lainnya.

Harnojoyo juga membeberkan sejumlah pencapaian Kota Palembang.

Antara lain tentang pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia, angka kemiskinan.

“Hingga saat ini, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) di Palembang mencapai 5,25 persen,” kata Harnojoyo.

Angka tersebut, lanjut Harnojoyo menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun 2021 yang hanya tumbuh sebesar 3,11 persen, dan sempat mengalami kontraksi sebesar 0,28 persen pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

Harnojoyo melanjutkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga terus menunjukkan tren peningkatan, mencapai angka 79,47 dibandingkan dengan 78,72 pada tahun 2021.

“Pencapaian IPM Kota Palembang ini lebih tinggi daripada Provinsi Sumatera Selatan yang 70,90. Bahkan lebih tinggi daripada tingkat nasional 72,91,” Harnojoyo menyebutkan.

Begitu juga, tingkat kemiskinan di ibu kota Provinsi Sumsel, ini kata Harnojoyo menurun.

Ia merinci, hingga Maret 2022 menjadi 10,48 persen setelah mengalami peningkatan pada tahun 2021 sebesar 11,34 persen akibat pandemi Covid-19.

“Capaian pada tahun 2022 ini bahkan lebih baik dibandingkan dengan tahun 2019 sebelum terjadinya pandemi, di mana tingkat kemiskinan berada di angka 10,90 persen,” Harnojoyo menerangkan.

Untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Harnojoyo menjelaskan bahwa angkanya telah turun menjadi 8,20 persen, dibandingkan tahun 2021 sebesar 10,11 persen.

“Indeks Gini (Rasio Gini) juga terus menunjukkan perbaikan menjadi 0,350 dibandingkan dengan angka 0,353 pada tahun 2021. Indeks ini menunjukkan bahwa kesenjangan atau ketimpangan pendapatan antara penduduk semakin mengecil dan semakin merata,” Harnojoyo menjelaskan.

Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin mengungkapkan semua pihak harus bersinergi dalam pembangunan Kota Palembang serta mewujudkan visi dan misinya.

“Saya ucapkan selamat HUT ke-1340 untuk kota kita tercinta,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengungkapkan harapannya pada HUT Palembang ke-1340.

“Harapan saya, cita-cita masyarakat Palembang agar terwujud dengan bukti nyata. Salah satunya saya melihat angka IPM meningkat, dan ini Ibu Kota Provinsi Sumsel sehingga menjadi displaynya Sumsel,” ujar Deru. (adi/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini