Harnojoyo Suntik Vaksin Covid 19 di RSUD Bari

0
Foto istimewa

Palembang, rakyatpembaruan.com-
Wali Kota Palembang H Harnojoyo sudah disuntik vaksin Sinovac pukul 09.00 WIB di RSUD Palembang BARI, Jumat (15/1/2021).

“Saya sebelum divaksin alhamdulillah sehat, dan setelah di vaksin, saya tambah sehat. Saya divaksin duluan, ini memberikan motivasi bahwa masyarakat tidak perlu takut, dan tentu saya mendukung terkait vaksin sinovac ini,” ujar Harnojoyo.

Ia mengaku tidak merasa takut karena jadi orang pertama yang disuntik vaksin buatan China itu.

“Tidak ada deg-degan. Justru, mulai Covid mewabah di Indonesia, khususnya di Palembang, satu yang saya harapkan, yakni adanya vaksin. Dan ini saya tunggu-tunggu, akhirnya tiba,” ujar Harnojoyo.

Ia menyebutkan, setelah divaksin, ia disiplin mengikuti ketentuan dokter. Yakni menunggu selama 30 menit terlebih dahulu untuk mengecek apakah ada efek samping yang akan dirasakan, serta mematuhi semua tahapan seperti registrasi dan screening.

“Alhamdulillah syukur setelah selesai saya menunggu 30 menit, tidak ada dampak dari vaksin. Saya di sini ada di depan kalian, artinya saya sehat,” kata Harnojoyo, kepada wartawan.

Harnojoyo berharap, dengan kondisinya yang baik-baik saja setelah divaksin, semua tenaga medis juga bisa merasakan hal sama, setelah divaksin. Vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus.

“Target vaksin ini segera pelaksanaannya ke semua lapisan masyarakat. Saat ini prioritas usia 18-59 tahun, dan utamanya untuk nakes, masyarakat pelayan publik.”

Ia juga mengingatkan bagi penerima vaksinasi Covid-19 untuk tetap menjaga kondisi tubuh, agar ketika terjadwal melakukan vaksinasi bisa lolos screening dan tetap dalam keadaan sehat dan fit tanpa merasakan efek samping.

“Sebelum divaksin baiknya penerima vaksin harus istirahat yang cukup. Jangan sampai nanti saat di screening ada gejala lain sehingga tidak bisa divaksin,” kata Harnojoyo.

Ia kembali mengimbau warga Palembang untuk tidak takut divaksin.

“Justru dengan adanya vaksin ini, insyaAllah kita hidup sehat dan kembali pada normal sebelum ada pandemi Covid-19,” ujar Harnojoyo.

Kepada masyarakat yang menunggu giliran akan divaksin, Wali Kota Harnojoyo mengimbau untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, memcuci tangan, menghindari kerumunan

Selain Wali Kota Palembang Harnojoyo, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Palembang, hari ini juga disuntik vaksin.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi, Achmad Yurianto, yang juga hadir di acara itu, menambahkan, akan ada lagi vaksin kedua setelah menjalani vaksin pertama di 14 hari ke depan, selain itu juga pemberian suntikan tersebut harus mencukupi dua dosis.

“Vaksin ini juga kita utamakan untuk petugas kesehatan (medis) pelayanan public termasuk gojek serta tenaga pengajar guru. Untuk usia penerima vaksin tersebut mulai dari 18-59 tahun,” ujar Yurianto.

(adi/rp)

 





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini