HD Ajak Eksekutif-Legislatif  OKUT Gencarkan GSMP Capai Kemandirian Pangan 

0

OKU TIMUR, rakyatpembaruan.com –

Gubernur H Heman Deru mengapresiasi  keberhasilan dan kemajuan pembangunan infrastruktur Kabupaten OKU Timur di usia ke 19 tahun, hal itu berkat sinergitas dan solidnya kerjasama antara eksekutif dan legislatif dalam mensukseskan program pembangunan dengan melibatkan masyarakat.


“Diusia 19 tahun Kabupaten OKU Timur  luar biasa, ini bukan hasil individu tapi solidnya antara eksekutif dan legislatif serta dukungan masyarakat. Saya bangga dengan OKU Timur,” kata Herman Deru saat menghadiri Rapat Paripurna ke-38 Masa Sidang II dalam memperingati HUT OKU Timur ke -19 Tahun di Gedung DPRD setempat, Kamis (19/1/2023).

Herman Deru juga mengharapan  kekompakan yang telah terbangun dapat menyelesaikan semua  persoalan termasuk di dalamnya  dalam kemandirian pangan.

“Tadi saya lihat video yang ditayangkan dimana masyarakat meminta agar harga bahan pokok di OKU Timur itu stabil, cara menjawabnya tidak lain. Kita semua harus terlibat dalam menciptakan kemandirian pangan melalui GSMP,” katanya.

Menurut Herman Deru harga bahan pokok yang tidak stabil ini perlunya kemandirian pangan di tengah masyarakat untuk itu  melalui Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) menjadi salah satu cara merubah pola pikir masyarakat.

“Itu hanya kemandiran pangan agar tidak ketergantungan dengan daerah lain. GSMP ini merubah maindset yang tadinya membeli menjadi penghasil,” katanya.

Herman Deru menyebutkan program GSMP itu sederhana yang mana hanya memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam kebutuhan bahan pokok seperti cabai, tomat, ternak ayam telur dan ikan.

“Ini sederhana, kita membentuk kemandirian pangan dengan memanfaatkan perkarangan rumah. Misalnya dari 10 pot yang ada dirumah saya minta 3 pot saja untuk ditanamkan kebutuhan pokok,” ungkapnya.

Melalui program GSMP ini juga, Herman Deru menyebutkan sejak dilaunchingnya pada akhir tahun 2021 telah terbukti  berhasil mengendalikan inflasi.

“Kita Sumsel masuk 10 provinsi di Indonesia yang berhasil mengendalikan inflasi hal ini berkat program GSMP,” katanya.

Untuk itu, Herman Deru mengajak semua pihak untuk dapat memberikan contoh dan mengajak masyarakat agar dapat melakukan kemandirian pangan di keluarga termasuk penurunan angka stunting.

“Kita harus bersatu dan berkomunikasi dalam menyelesaikan persoalan ini apalagi Sumsel ini sebagai daerah penghasil pangan 5 besar nasional ,” tutup Herman Deru.

Sementara itu Bupati OKU Timur, H Lanosin Hamzah mengatakan melalui peringatan HUT i sangat tepat untuk melakukan refleksi dan intropeksi diri dalam perbaikan di masa datang.

“Alhamdulillah diusia yang masih muda sudah banyak prestasi hal itu karena banyak program yang sudah dan sedang dilakukan,” katanya.

Lanosin menjelaskan adapun program pro rakyat seperti pemerataan pembangunan jalan dan jembatan, ketersediaan air bersih dan listrik, pembangunan tahap awal jaringan gas bumi.

Kemudian pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan kualitas SDM dan akses pelayanan kesehatan, peningkatan mutu pendidikan serta lainnya.

Pada tahuan 2022 banyak capai berdasarkan data BPS diantaranya Kabupaten kedua dengan angka kemiskinan terendah di Sumsel sebesar 10,05 persen, kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi sebesar 70,23 persen dan pertumbuhan ekonomi kedua tertinggi di Sumsel sebesar 4,66 persen.

Menurutnya semua capaian dan prestasi ini bukan tujuan akhir tapi untuk menjadi motivasi demi memujudkan kesejahteraan dan kemakmuran hal itu tidak lepas dari dukungan semua pihak serta masyarakat.

Dia berharap kepada Gubernur Sumsel Herman Deru agar dapat terus mendukung dan mensupport daerah ini, karena di tahun 2023 masih ada program yang harus di capai seperti masih banyak kualitas infrastruktur untuk mendukung pengembangan perekonomian dan penurunan angka kemsikinan untuk menembus 1 digit. (Fer/Rp)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here