Heboh Kuli WNI di Korsel Pamer Gaji, Tembus Rp 37 Juta per Bulan

0
Jakarta – Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Korea Selatan memamerkan slip gajinya. Unggahan tersebut menjadi viral di media sosial lantaran besaran gajinya yang berbeda jauh di Indonesia.

Dalam unggahan di akun TikTok-nya @Rizall_kim mengungkapkan besaran gaji jadi kuli di Korea Selatan. Momentum itu dibagikan Rizal saat menerima slip gaji pada bulan Desember 2023. Rizal menyebut gaji yang diterimanya sama dengan di Indonesia.

“Kebetulan gajian anak-anak. Gajinya iya sama 3 juta. Sama kayak di Indonesia,” kata Rizal dikutip dari InsertLive, Selasa (24/1/2024).

Dia juga menunjukkan slip gaji teman-temannya yang berkisar 3 jutaan. Dia juga sempat memperlihatkan jam kerjanya dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam.

“Lihat punya anak-anak guys. Tuh 3,4 juta, 3,1 juta. 3 jutaan guys sama kayak di Indonesia. Sukabumi juga 3,2 juta,” jelas Rizal.

Namun, besaran gaji tersebut belum dikonversikan dalam mata uang rupiah. Gaji dan teman-temannya masih dalam bentuk mata uang Korea Selatan, won. Apabila dikonversikan 3,2 juta won, maka gaji yang diterimanya Rp 37,5 juta (kurs Rp 11,73).

Di sisi lain, dia juga menjelaskan alasannya memilih kerja di luar negeri dibandingkan Indonesia. Dia bilang melamar kerja membutuhkan pengalaman dan segudang persyaratan yang menurutnya menyulitkan. Sementara di Korea Selatan, untuk menjadi kuli saja tidak membutuhkan pengalaman.

“Gaji 3,2 juta, melamar ke pabrik Indonesia susah. Katanya kalau nyari kerja di Indonesia mah harus banyak pengalaman terus syaratnya ribet. Di sini tanpa pengalaman juga bisa kerja meskipun sama-sama kuli. Gajinya ya sama 3 jutaan,” imbuhnya.
(rrd/rir/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini