Herman Deru Berbagi Kiat Sukses Jadi Khotib dan Da’i Dengan Metode Penyampaian yang Tepat

0

OKU TIMUR, rakyatpembaruan.com-

Masih dalam agenda kerjanya di Kabupaten OKU Timur, Kamis (23/2). Gubernur Sumsel H Herman Deru membuka pelatihan Khotib/Da’i serta  Managemen Pengelolaan Masjid  yang melibatkan peserta Se-Kecamatan Cempaka yang dipusatkan di Masjid Babussalam Campang Tiga OKU Timur.

Dalam arahannya Gubernur Herman Deru berbagi  kiat  metode panyampaian bagi seorang  khotib/ da’i agar pesanya yang disampaikan diterima  oleh Jama’ah. Diantaranya khotib harus membekali diri dengan ilmu agama yang mumpuni selain itu  juga dibutuhkan mental yang kuat dan berani.

“Pesannya sampai atau tidak, itu tergantung cara penyampaiannya. Jadi tidak semua orang bisa, tetapi juga harus ada keberanian dengan metode penyampaian yang mudah dipahami,” katanya.

Penguasaan materi dan kekuatan mental juga menjadi modal bagi  seorang da’i. Selain  harus memiliki  artikulasi sebab artikulasi  memegang peranan penting, agar suara dapat di dengar fasih dan lafadznya. Selanjutnua intonasi, Intonasi kapan kita meninggi, datar dan lembut.  Kemudian pemilihan kata serta  durasi.

“Yang tidak kalah penting dalam pesan khotib atau dai jangan menyinggung unsur SARA.  Syukur jika jamaah pulang  membawa satu ilmu ,” pungkasnya.(fer/rp)