Herman Deru Resmikan Kantor UDD PMI Sumsel

0

 

Palembang, rakyatpembaruan.com-
Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) didampingi Ketua PMI Sumsel Febrita Lustia meresmikan kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi Sumsel dijalan Sukajaya, kelurahan Sukabangun, kecamatan Sukarami Kota Palembang, Rabu (30/9/2020) ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan donor darah di Provinsi Sumsel.

“Saya mengapresiasi ide PMI untuk mengaktifkan insfrastruktur yang dimiliki Pemprov Sumsel agar bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya yaitu UDD. Peresmian UDD ini akan memberikan pelayanan dan juga distribusi kebutuhan darah bagi masyarakat. Selain itu, gerai-gerai UDD dimanapun berada pada pusatnya tentu ini akan membantu PMI-PMI cabang di kab/kota dan Rumah Sakit penyangga dalam penyediaan UDD” ujar Deru.

Lebih lanjut HD juga mengapresiasi dalam 1 tahun kepemimpinan Ketua PMI Sumsel, Feby Deru, telah memiliki berbagai inovasi, kegiatan dan mitra. Dan beliau mengingatkan jangan pernah jadi pengurus dan mitra jika tidak ikhlas karena ini orientasinya adalah untuk kemanusiaan.

“Saya bangga kepengurusan PMI kab/kota yang juga mitra pemerintah dalam penanggulangan bencana alam maupun non alam,” ujarnya

HD meminta agar PMI dapat jadi ornamen dalam pelaksanaan Pergub 37 tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan. PMI sebagai navigasi untuk menyelamatkan ekonomi dan jiwa yakni agar masyarakat tetap beraktivitas dengan protokol kesehatan. Selain itu, PMI juga harus menjadi peran edukatif dalam semua aspek baik kesehatan dan juga kemanusiaan dengan pelayanan yang baik

“Saya minta agar PMI dapat berperan untuk memberikan masyarakat kartu pengenal golongan darah. Banyak masyarakat yang belum memiliki pengetahuan tentang golongan darah. Penyediaan kartu ini akan mempermudah masyarakat yang membutuhkan darah dan juga mendonorkan darah,” katanya

Sementara itu, Ketua PMI Sumsel, Hj Febrita Lustia Herman Deru mengatakan PMI organisasi yang bergerak dengan misi sosial kemanusiaan. PMI hadir memberikan pelayanan sosial dan perencanaan untuk mengelola UDD untuk mencukupi donor darah yang membutuhkan.

“Selama pandemi, PMI telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan antara lain pemberian bantuan sosial, baik dari pusat, CSR, dan di berbagai wilayah, promosi kesehatan, penyemprotan desinfektan ke berbagai wilayah, bantuan APD di kab kota, family kit, dan bantuan untuk korban kebakaran,” ujarnya

Feby katakan pengaktifan kembali UDD yang telah berdiri selama ini, dan belum berjalan lancar dilakukan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan donor darah di lapangan. UDD akan menerima dan mendistribusikannya untuk Rumah Sakit penyangga kab/kota.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pemberian penghargaan insan PMI yang melaksanakan tugas kemanusiaan dan memberi penghargaan mitra kerja yang memberikan bantuan kepalangmerahan.(ryn/ril)