HIV Juga Jangkiti Anak dan Remaja, IDAI Ungkap Cara Penularannya

0
Jakarta – HIV (human immunodeficiency virus) tak hanya menginfeksi orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan remaja pun bisa terpapar virus ini. Seperti apa sih cara penularannya?

Ketua Satgas HIV Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Endah Citraresmi, SpA(K), menjelaskan, hal ini bisa terjadi akibat imbas dari HIV yang terjadi pada dewasa. Seperti misalnya sang ibu terpapar virus HIV dan kemudian menularkan ke anak pada masa kehamilan dan persalinan.

“Sebetulnya HIV anak ini adalah imbas dari HIV terjadi pada dewasa sebagian besar. Karena penularan di anak terjadi mayoritas lebih dari 90 persen dari ibu ke janin. Jadi pengendalian HIV pada dewasa akan mempengaruhi terjadinya kasus-kasus HIV pada anak,” tuturnya saat webinar virtual, Jumat (2/9/2022).

Selain dari ibu ke anak, dr Endah juga menjelaskan penularan HIV pada remaja. Menurutnya, penularan HIV pada remaja bisa disebabkan oleh penggunaan narkoba suntik dan seks bebas, terutama dengan sesama jenis.

Diakui Endah, kasus ini mulai bermunculan pada kelompok remaja meskipun bukan kasus mayoritas.

“Jadi ternyata kasus HIV anak memang betul mayoritas dari kehamilan dan persalinan. Tetapi kita juga punya kasus di remaja yang penularannya horizontal bukan vertikal. Vertikal ini dari sesama pengidap, ini yang sangat dikhawatirkan dan diprihatinkan adalah terutama narkoba suntik dan seks bebas, terutama dengan sesama jenis. Dan ini kasusnya mulai bermunculan di remaja, meskipun memang bukan kasus mayoritas,” imbuh Endah.

“Dulu kami masih punya kasus dari transfusi darah, meskipun sekarang tidak pernah dijumpai lagi,” sambung lagi.

(suc/up/detik)







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here