Inggris Umumkan Situasi Darurat Panas Ekstrem, Suhu Melebihi 40 Derajat Celcius

0
Jakarta – Pihak berwenang di Inggris mengumumkan “keadaan darurat panas ekstrem” untuk sebagian besar wilayah di Inggris pada hari Senin (18/7), dengan suhu diperkirakan melebihi 40 derajat Celcius. Inilah penerapan darurat panas untuk pertama kalinya dalam sejarah Inggris. Peringatan Level 4, yang dikeluarkan oleh Badan Keamanan Kesehatan (UKSHA) untuk Senin dan Selasa, didefinisikan sebagai “darurat panas nasional” untuk pertama kalinya.

Dinas Meteorologi Inggris MET Office mengatakan, cuaca panas tertinggi hari Selasa (19/7) “belum pernah terjadi sebelumnya.” “Suhu akan sangat panas sepanjang hari, sebelum naik hingga 40 C, bahkan mungkin 41 C di tempat-tempat terpencil di seluruh Inggris pada sore hari,” kata Rachel Ayers dari MET Office.

Sebagian besar Inggris, dari London di selatan ke Manchester dan Leeds di utara, berada di bawah peringatan pertama negara itu tentang panas “ekstrem”, yang berarti ada bahaya kesehatan, bahkan bahaya kematian bagi orang yang berisiko tinggi.

Cuaca panas dan kering telah mencengkeram Eropa selatan sejak pekan lalu, memicu kebakaran hutan di Spanyol, Portugal dan Prancis, sebelum bergerak ke utara.

Transportasi umum terganggu

Rekor suhu tinggi juga mengganggu transportasi umum, pelayanan perawatan kesehatan dan sekolah. Otoritas Inngris mengerahkan lebih banyak ambulans dan pekerja medis di tengah kekhawatiran dampak kesehatan. MET Office memperingatkan bahwa suhu tinggi menimbulkan risiko serius, termasuk penyakit parah dan kematian, bahkan di antara orang sehat.

Dikatakan juga ada risiko tinggi terganggunya layanan listrik, air dan layanan telepon seluler . Jaringan kereta api nasional meminta pelanggan untuk tidak menggunakan layanannya kecuali sangat penting. Penundaan parah diperkirakan akan terjadi pada beberapa jalur transportasi karena rel kereta yang bengkok dan gangguan pasokan listrik. Beberapa layanan transportasi umum, termasuk rute utama antara Inggris timur laut dan London, ditangguhkan untuk sebagian pada hari Selasa (19/7).

Jaringan metro London mengurangi layanan pada hari Senin dan Selasa, dan mendesak para penumpang untuk hanya bepergian jika benar-benar diperlukan. Bandara Luton dekat London harus menangguhkan kedatangan dan keberangkatan penerbangan, setelah suhu tinggi menyebabkan cacat pada permukaan landasan.

Sementara beberapa sekolah akan ditutup, yang lain bersiap untuk membuat kolam rendam dan semprotan air guna mendinginkan siswa sekolah. Untuk mencegah munculnya kondisi darurat di sektor layanan kesehatan, beberapa prosedur medis juga dibatalkan.
Eropa di tengah gelombang panas

Gelombang panas yang melanda sebagian besar barat daya Eropa mengakibatkan kebakaran hutan di Portugal, Spanyol dan Prancis dan Jerman.

Layanan meteorologi Jerman mengumumkan, suhu akan naik setinggi 40 C dan paling parah melanda bagian barat Jerman. Hari Senin (18/7), sekitar 115 petugas pemadam kebakaran harus dikerahkan setelah kebakaran hutan di tujuan wisata populer di timur Jerman, yang menyebar cepat di area seluas 2.500 m2.

Di Prancis, lebih dari 16.000 orang, termasuk penduduk dan turis, dievakuasi karena kebakaran hutan yang merusak hutan kering di wilayah barat daya. Pihak berwenang Prancis menanggapi kebakaran dengan mendirikan tujuh tempat penampungan darurat untuk para pengungsi. Mereka mengumumkan rencana evakuasi untuk lebih banyak kota yang berisiko menjadi korban kebakaran.

Spanyol berhasil mengatasi kebakaran yang membakar sekitar 2.000 hektar hutan dan lahan di Andalusia, lapor otoritas regional. “Semua 3.000 penduduk yang dievakuasi dari kota pesisir selatan Malaga diizinkan untuk kembali ke rumah mereka”, kata pemimpin regional Juan Manuel Moreno.

Kebakaran hutan di Portugal telah menewaskan dua orang dan melukai sekitar 60 lainnya. Antara 12.000 dan 15.000 hektar lahan terbakar, ketika negara itu dilanda suhu yang mencapai rekor panas 47 derajat Celcius. Meskipun tingkat panas sedikit menurun, sebagian besar wilayah tetap waspada dengan kemungkinan berlanjutnya kebakaran hutan.

Biro cuaca di Italia memperkirakan suhu di atas 40 C di beberapa wilayah dalam beberapa hari mendatang. Juga Swiss terkena dampak gelombang panas. Operator pembangkit nuklir di Beznau menyatakan, mereka harus mengurangi output agar pembangkit tidak terlalu panas, karena mengandalkan sungai Aare untuk mengambil air pendingin, sementara suhu air juga makin naik.

hp/as (rtr, afp, dpa, ap)

(ita/ita/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini