Ishikawa Jepang Terdampak Tsunami, Ada 1.315 WNI Tinggal di Sana

34
Kondisi terkini Jepang usai gempa (Foto: Yusuke Fukuhara / The Yomiuri Sh/Yusuke Fukuhara)

Tokyo – Tsunami menghantam Jepang, khususnya di Ishikawa, Yamagata, Niigata, dan Toyama. Diketahui, ada ribuan WNI yang tinggal di Ishikawa.

“Gempa tersebut mengakibatkan Tsunami setinggi kurang lebih 5 meter di Ishikawa, dan setinggi 3 meter di Yamagata, Niigata, dan Toyama,” ujar Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi, kepada detikcom, Senin (1/1/2023).

“Sebagai catatan terdapat 1315 orang WNI di Pref. Ishikawa,” lanjutnya.

Heri menuturkan saat ini KBRI Tokyo tengah menghubungi simpul masyarakat di prefektur yang menjadi pusat gempa dan tsunami. Hal itu guna memastikan keadaan dan keselamatan WNI.

“Pusat gempa berada di Prefektur Ishikawa dengan kekuatan 7 magnitude. Gempa dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, Akita,” terang Heri.

Sebelumnya diberitakan, gempa dengan magnitudo (M) 7,5 mengguncang Jepang dan memicu tsunami di sejumlah wilayah. Badan Meteorologi Jepang telah meminta masyarakat untuk segera meninggalkan prefektur Ishikawa dan menuju daratan lebih tinggi. Peringatan tsunami juga diberikan untuk warga di Niigata, Toyama, dan Yamagata.

Berdasarkan laporan, gempa terjadi sekitar pukul 16.10 waktu setempat. Badan Meteorologi Jepang awalnya mengatakan gempa terjadi di kedalaman dangkal dan berkekuatan awal M 7,6.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan pembangkit listrik tenaga nuklir di wilayah tersebut tidak melaporkan adanya penyimpangan dan mengatakan penduduk di wilayah pesisir harus pergi ke tempat yang tinggi.

Kerusakan bangunan dan fasilitas lain juga dilaporkan di sejumlah wilayah akibat gempa. Layanan kereta cepat Shinkansen juga sempat dihentikan sementara.
(isa/imk/detik)





34 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini