Isi Obrolan Jokowi-Pemimpin Negara ASEAN Saat Nikmati Sunset Labuan Bajo

0
Manggarai Barat – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara ASEAN yang hadir di KTT ke-42 untuk joy sailing sambil menikmati sunset di Labuan Bajo menggunakan kapal pinisi. Jokowi dan para pemimpin negara ASEAN itu tampak saling berbincang. Apa yang dibicarakan?

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Rabu (10/5/2023), joy sailing dilakukan dari Marina Labuan Bajo. Di atas geladak kapal, tampak para pemimpin ASEAN dan pendamping duduk melingkar di atas kursi rotan. Di tengah-tengah mereka terdapat meja kayu panjang.

Jokowi dan Ibu Iriana duduk di tengah. Di sebelah kanan Jokowi duduk Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, sementara di sebelah kiri Ibu Iriana duduk istri Perdana Menteri Malaysia, Ibu Wan Azizah Wan Ismail.

Waktu menunjukkan pukul 17.05 Wita ketika kapal tersebut lepas sauh. Suasana senja menambah hangat perbincangan para pemimpin saat mereka berlayar.

Sambil menikmati minuman segar, para pemimpin berbincang hangat satu sama lain. Dalam perbincangan tersebut, Jokowi juga bercerita dan mempromosikan destinasi wisata di Labuan Bajo.

“Banyak tempat wisata di Labuan Bajo yang bagus, Pulau Rinca, ada Taman Nasional Komodo, Pulau Padar, ada juga Gua Batu Cermin,” kata Jokowi.

“Labuan Bajo juga tempat yang bagus untuk diving dan snorkeling,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, budaya Indonesia pun turut diperkenalkan di sana melalui alunan musik dari Sasando yang mengiringi perjalanan Jokowi bersama para pemimpin ASEAN di kapal Lako Di’a sore tadi.

Setelah berlayar selama kurang lebih satu jam, kapal pinisi berlabuh kembali di Marina Labuan Bajo.

Adapun pimpinan negara yang hadir adalah Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen, PM Timor-Leste Taur Matan Ruak, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Laos Sonexay Siphandone, Presiden Filipina Ferdinand R Marcos Jr, PM Singapura Lee Hsien Loong, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.
(eva/lir/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini