Israel Serukan Warganya Tinggalkan Mesir-Yordania Segera!

0
Jakarta – Pemerintah Israel menyerukan warganya untuk segera meninggalkan Mesir dan Yordania. Seruan ini disampaikan pada hari Sabtu (21/10) ketika ketegangan regional meningkat akibat perang di Gaza.

“Dewan Keamanan Nasional Israel menaikkan peringatan perjalanannya untuk Mesir (termasuk Sinai) dan Yordania ke level 4 (ancaman tinggi): rekomendasi untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara ini dan bagi mereka yang tinggal di sana untuk pergi…sesegera mungkin,” kata Dewan Keamanan Nasional Israel dalam sebuah pernyataan, dikutip kantor berita AFP, Sabtu (21/10/2023).

Pemberitahuan ini dikeluarkan hanya beberapa hari setelah Israel menarik para diplomatnya dari Turki sebagai tindakan pencegahan keamanan, menyusul seruan sebelumnya agar warga negaranya juga meninggalkan Turki.

Seruan evakuasi tersebut muncul setelah berhari-hari terjadi aksi-aksi protes di Timur Tengah atas serangan udara Israel di Jalur Gaza.

Perang di Gaza tersebut terjadi setelah kelompok milisi Hamas menyerbu masuk ke Israel dari Jalur Gaza, menyandera lebih dari 200 orang dan membunuh sedikitnya 1.400 orang, sebagian besar warga sipil.

Israel sejak itu berjanji untuk menghancurkan Hamas. Rentetan serangan udara yang dilancarkan sebagai balasannya, sejauh ini telah menewaskan 4.137 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, menurut Kementerian Kesehatan yang dikendalikan Hamas.

(ita/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini