Jalankan Program SENYUM, Kilang Pertamina Plaju Diganjar Penghargaan Gold di Ajang IDEAS

0

Belitung, rakyatpembaruan.com-

Rasa kemanusiaan yang tinggi, disertai ketulusan dalam berderma menjadi nilai-nilai yang melandasi gerakan Employee Volunteering di PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju.

Kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar inilah yang kemudian melahirkan platform SENYUM (Sedekahnya Untuk Masyarakat) yang kemudian menjadi wadah menghimpun kedermawanan para pekerja di perusahaan kilang minyak di Palembang, Sumatera Selatan ini.

Program SENYUM yang diinisiasi sejak 2021 ini menjadi wadah aktualisasi employee volunteering untuk mendukung aspek sosial sebagaimana visi dan misi perusahaan yang mengedepankan konsep environmental, social, dan governance (ESG) dalam berbisnis.

Gerakan kedermawanan yang terorganisir ini pun diapresiasi berbagai pihak, termasuk memenangkan kategori Gold pada ajang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023, yang diselenggarakan Media Humas Indonesia, dimana penghargaan diterima langsung oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari di Belitung, Jumat malam (04/08/2023).

Pjs Area Manager Communication, Relations & CSR RU III, Perliansyah percaya, kedekatan perusahaan dengan stakeholder eksternal, khususnya masyarakat lokal di sekitar lokasi perusahaan, akan mendatangkan manfaat bagi entitas bisnis juga kelapangan dan kedamaian hati perseorangan.

“Keterlibatan pekerja Kilang Pertamina Plaju dalam memberikan donasi kepada masyarakat melalui program SENYUM (Sedekahnya untuk Masyarakat) RU III membawa keeratan emosional dan persaudaraan tanpa batas,” kata Perliansyah.

Di sisi ekonomi, program ini juga didukung dengan faktor nominal penghasilan karyawan yang mencukupi serta masih banyak masyarakat lokal yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Kondisi dan keadaan warga-warga sekitar perusahaan, menjadi alasan tergeraknya hati Perwira Kilang Pertamina Plaju yang bersedekah melalui SENYUM.

Platform SENYUM sendiri sudah menjadi program berkelanjutan yang dilakukan Kilang Pertamina Plaju yang diluncurkan pada momen Ramadhan 2021 lalu. Program berbentuk charity ini sudah mengumpulkan dan menyalurkan sedekah pekerja dengan nominal lebih dari Rp400 juta, dengan lebih dari 500 orang penerima manfaat, yang disalurkan dalam berbagai bentuk bantuan seperti bangunan masjid, bantuan kebencanaan, alat bantu disabilitas, hingga paket sembako.

Perli berharap, hadirnya Kilang Pertamina Plaju di tengah-tengah masyarakat dapat terus memberikan manfaat positif. Ia juga memohon doa dan dukungan dari masyarakat untuk keselamatan operasional kilang. “Kami mohon doa dan dukungan kepada seluruh stakeholder dan masyarakat sekitar, agar Kilang Pertamina Plaju diberikan keselamatan agar dapat terus mengolah energi terbaik untuk bangsa,” tuturnya.

*Tentang IDEAS*

Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023 merupakan ajang kompetisi program komunikasi/public relations/kehumasan strategis yang berbasis pada praktik terbaik penerapan DEI dan ESG di setiap Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi Negeri, BUMN, Anak Usaha BUMN, BUMD, RSUP/RSUD, Korporasi Multinasional, Swasta Nasional, LSM & Organisasi Nonprofit se-Indonesia.

CEO Humas Indonesia Asmono Wikan, sebagai penyelenggara IDEAS 2023 menyoroti tentang semakin pentingnya peran humas dalam mengomunikasikan DEI dan ESG. “Saat ini dunia internasional sedang memotret implementasi DEI dan ESG.

Sementara para investor mencermati penerapan ESG untuk mengevaluasi kinerja perusahaan sebagai pertimbangan rencana investasi mereka,” kata Anggota Dewan Pers periode 2022 – 2025 ini. Di hadapan para pemenang dan tamu undangan, ia menyampaikan selamat sekaligus mengapresiasi penyelenggaraan kompetisi ini.

Menurutnya, sudah saatnya para praktisi komunikasi mendapat tempat yang terhormat. Apalagi komunikasi merupakan salah satu elemen kunci membangun peradaban. Komunikasi juga memegang peranan penting dalam mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam DEI dan ESG.

Ia melanjutkan, praktisi humas berperan untuk memberikan kepastian terkait keberlanjutan di masa depan. Bahwa penerapan DEI dan ESG yang dijalankan dapat dirasakan manfaatnya, bukan hanya oleh organisasi, tapi juga berbagai aspek mulai dari sosial, kultural, lingkungan, hingga ekonomi.

Para pemenang berbasis entry ini adalah peserta yang telah mengikuti babak presentasi di hadapan dewan juri pada 26 – 27 Juni 2023. Para juri meliputi Asmono Wikan (Founder dan CEO HUMAS INDONESIA), Dyah Indrapati (Executive Director Institut Harkat Negeri dan Pakar DEI), Herry Ginanjar (Pendiri etKomunika dan pakar ESG), Emilia Bassar (CEO CPROCOM), serta Verlyana Hitipeuw (CEO & Principal Consultant Kiroyan Partners). (Adi/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini