Jamin Ketersediaan Energi Jelang Libur Nataru, Pertamina Patra Niaga Bentuk Satgas di Sumbagsel

37

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengantisipasi pergerakan pemudik yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Komitmen tersebut dibuktikan dengan kembali dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Nataru yang melibatkan seluruh lini operasional perusahaan untuk memastikan energi yang digunakan masyarakat tetap aman dan terpenuhi. Periode Satgas Nataru Pertamina yakni sejak 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih mengatakan Satgas Nataru ini dibentuk untuk memastikan kebutuhan energi seperti BBM , LPG dan Avtur di Provinsi Sumatera Bagian Selatan (sumbagsel).

“Saat masa Satgas Naru ini kami ingin memastikan ketahanan stok dalam keadaan aman, sehingga distribusi tidak terganggu dan masyarakat dapat melaksanakan perjalanan mudik libur Natal dan Tahun Baru dengan nyaman dan tenang,” ungkap Zibali.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah menghitung proyeksi peningkatan konsumsi energi masyarakat selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan di Sumbagsel sekitar 1,5% untuk Gasoline (bensin) dan Gasoil (solar) sekitar 0,5%.

Peningkatan juga terdapat pada konsumsi LPG Subsidi sekitar 1,5% dan LPG Non Subsidi sekitar 7,5% sedangkan untuk kebutuhan Avtur meningkat sekitar 6%.”Data tersebut seluruhnya dibandingkan dengan capaian rerata Oktober 2023,” imbuhnya.

Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan sejumlah antisipasi, seluruh infrastruktur dan sarfas juga telah disiagakan yang meliputi 10 Terminal BBM, 2 Terminal LPG, 675 SPBU, 61 SPBE, 502 Agen LPG, dan 6 DPPU.

Pertamina juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur toll, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 81 SPBU Siaga, 5.540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 7 unit Kiosk Pertamina Siaga, 15 unit Motorist.
Untuk menambah stok BBM di SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga telah menyiapkan SPBU kantong dalam wujud mobil tangki yang disiagakan di sejumlah SPBU.

Ada 16 SPBU kantong dengan kapasitas mobil tanki penuh disiagakan di titik-titik SPBU yang merupakan jalur mudik maupun area wisata yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan.

Pertamina juga berharap mudik natal dan tahun baru dapat berjalan lancar serta pemudik juga diharapkan memperhatikan aspek keselamatan dan menggunakan BBM sesuai dengan peruntukan.

Terkait dengan informasi dan layanan produk Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Call Center 135.

(Adi/rp)





37 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini