Jepang Bakal Wajibkan WNI Tes TBC Mulai 2024

0

Jakarta – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) menanggapi rencana Jepang yang bakal mewajibkan tes TBC untuk enam negara, termasuk Indonesia, sebelum memasuki wilayahnya. Aturan ini disebut mulai diberlakukan di tahun 2024.

“Sebenarnya peningkatan kewaspadaan jepang terhadap tb ke beberapa negara sudah mulai Januari 2020, hanya saja penerapannya baru 2024 karena Menkesnya baru,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes dr Imran Pambudi, MPHM kepada detikcom, Selasa (16/1/2023).

Sejauh ini, Kemenkes sudah mendapatkan notifikasi dari KBRI Tokyo mengenai aturan tersebut yang direncanakan berlaku April 2024.

“Hanya berlaku untuk yang akan tinggal atau bekerja di Jepang lebih dari 3 bulan,” tambah dr Imran.

Sebelumnya diberitakan Menteri Kesehatan Jepang Keizo Takemi mengatakan enam negara akan diberlakukan tes tuberkulosis wajib untuk kunjungan ke Jepang. Keenam negara tersebut adalah Filipina, Vietnam, Tiongkok, Indonesia, Nepal dan Myanmar.
Iklan

Takemi menyebut banyak pasien TBC baru di Jepang berasal dari negara-negara tersebut. Masyarakat dari keenam negara itu akan diminta untuk melakukan tes TBC di institusi medis yang ditunjuk pemerintah Jepang sebelum mereka melakukan perjalanan ke Jepang.

Jika hasil tes mereka positif, Jepang tidak akan mengeluarkan visa kepada mereka.

“Kami sedang melakukan persiapan implementasi secepatnya. Kami berharap dapat memulainya pada tahun fiskal berikutnya,” kata Takemi dikutip dari The Asahi.

(kna/sao/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini