Jokowi Guyur Rp 800 M Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Lampung

0
Presiden Jokowi didampingiMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Foto: Instagram @Jokowi)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan perbaikan 15 ruas jalan rusak di Lampung diambil alih pemerintah pusat. Anggaran sebesar Rp 800 miliar akan dikucurkan untuk perbaikan tersebut.

“Tahun ini pemerintah pusat khusus untuk Lampung akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp 800 miliar untuk 15 ruas jalan, termasuk (jalan) ini,” kata Jokowi dalam postingan di Instagramnya, Senin (8/5/2023).

Jokowi mengatakan perbaikan jalan itu akan dimulai pada Juni 2023. Hal itu disebabkan harus melewati proses lelang terlebih dahulu.

“Pembangunannya, perbaikannya akan dimulai bulan Juni karena harus lelang dulu. Tadi saya sudah perintahkan Pak Menteri PUPR untuk lelang,” ungkapnya.

Ruas jalan rusak yang akan diperbaiki pemerintah pusat salah satunya yang berada di Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Meski begitu, Jokowi mengingatkan tanggung jawab pemerintah daerah.

“Ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawabnya Pak Gubernur, ada yang tanggung jawabnya Bapak/Ibu Bupati yang ada di sini. Jangan semuanya pemerintah pusat semuanya,” ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah pusat umumnya bertanggung jawab untuk jalan nasional. Hanya saja, dalam kondisi tertentu pekerjaan di daerah seperti ini bisa diambil alih.

“Ini karena memang sudah lama, akan diambil oleh pemerintah pusat,” imbuh Jokowi.
(aid/ara/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini