Jokowi Janji Ujung Barat-Timur Pulau Jawa Total Tersambung Tol 2023

0
Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya infrastruktur bagi perekonomian. Pembangunan bandara, pelabuhan, jalan nasional dan jalan tol yang dilakukannya dinilai penting untuk bisa bersaing dengan negara lain.

“Jalan apakah perlu? pelabuhan apakah perlu? airport apakah perlu? semua itu diperlukan, di Jawa maupun di luar Jawa sangat-sangat diperlukan karena itu jadi pondasi kita bersaing dengan negara lain,” katanya dalam acara Nusantara Bersatu, dikutip dari laman YouTube 2045 TV, Sabtu (26/11/2022).

Jokowi menyebut sulit bersaing dengan negara lain jika jalan di Indonesia becek. Dengan jalan yang bagus maka arus distribusi barang dari desa ke kota menjadi lancar.


Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengatakan, ia akan terus mengejar pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah pembangunan jalan tol di pulau Jawa.

“Dan kita tahu jalan tol di Pulau Jawa nyambung-menyambung dari barat ke timur, kurang dikit lagi di Banyuwangi. Nanti tahun 2023 Insyaallah akan dikejar untuk segera diselesaikan,” jelasnya.

Selain jalan tol, target lainnya adalah pembangunan bendungan. Targetnya ada 38 bendungan besar yang akan dibangun hingga akhir tahun 2022.

“Ini untuk siapa? Untuk petani di desa-desa kita. Ada 74 ribu desa yang kita miliki. Pembangunan juga tidak Jawa sentris, tetapi pembangunan dilakukan di luar Jawa. Sekarang lebih banyak di luar Jawa,” ujarnya.

Ia menegaskan lagi, pembangunan infrastruktur akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Hal ini dinilai penting demi menjaga stabilitas di tengah ketidakpastian global.

“Pembangunan infrastruktur akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi yang baru. Akan ada titik-titik pertumbuhan ekonomi yang baru,” tutur Jokowi.

(hns/detik)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here