Jokowi Minta Fresh Graduate yang Hebat Diberi Ruang Banyak Jadi ASN di IKN

22
Menpan RB Azwar Anas (Eva-detikcom)
Jakarta – MenPAN-RB Azwar Anas melaporkan soal rencana penerimaan aparatur sipil negara (ASN) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi, kata Azwar, meminta agar lulusan baru atau fresh graduate diberi ruang banyak sebagai ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara.

“Kami tadi melaporkan terkait pematangan skenario rekrutmen ASN di tahun 2024. Dan beliau minta fresh graduate yang hebat-hebat nanti salah satunya diberi ruang banyak di IKN,” kata Azwar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

Azwar mengatakan rekrutmen ASN akan dibuka dalam jumlah besar. Dia mengatakan jumlah formasi ASN akan diumumkan oleh Jokowi.

“Kita akan lakukan rekrutmen fresh graduate, anak-anak yang baru lulus, yang selama ini belum ada rekrutmen, kecuali Kejaksaan kemarin, dan totalnya cukup besar tahun ini, jumlah detailnya nanti akan diumumkan oleh Bapak Presiden,” ujarnya.

Azwar menyebut salah satu tujuan rekrutmen fresh graduate ialah memunculkan talenta-talenta digital. Dia mengatakan banyak talenta digital di berbagai daerah.

“Salah satu fokusnya di talenta-talenta digital karena kita banyak talenta digital yang diperlukan di daerah. Tetapi talenta digitalnya bukan marketing digital seperti pinjaman online dan lain-lain, tapi lebih ke hulunya, misalnya digital di sektor pertanian, dan seterusnya,” ujarnya.

Azwar sudah melaporkan formasi ASN yang diperlukan di seluruh Indonesia. Dia mengatakan beberapa tahun terakhir pemerintah fokus menuntaskan PPPK.

“Nah ini kemarin saya laporkan ke bapak presiden terkait formasi ASN. Ini kan formasi bukan hanya di Kaltim tapi formasi di seluruh Indonesia karena selama ini belum ada rekrutmen untuk fresh graduate, karena selama ini menyelesaikan PPPK,” ucapnya.

(eva/haf/detik)





22 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini