Jokowi Pimpin Pelepasan Bantuan Tahap Awal RI ke Gaza Palestina, 51,5 Ton Makanan-Alat Medis

0
Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelepasan 51,5 ton bantuan untuk Palestina. Dia menyebut bantuan tersebut diberangkatkan melalui dua pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma.

“Ya ini bantuan segera diberangkatkan, jadi dari sini ada dua pesawat memuat 21 ton, kemudian sisanya ada di Soekarno-Hatta lewat pesawat kargo yang memuat lebih banyak yaitu kurang lebih 30-an ton,” kata Jokowi kepada wartawan, Sabtu (4/11/2023).

Indonesia mengirim 51,5 ton bantuan berupa makanan hingga alat medis untuk masyarakat di Gaza. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bantuan selanjutnya sedang dalam persiapan.

“Dan untuk bantuan selanjutnya juga sedang dalam proses dipersiapkan,” kata Jokowi saat memimpin pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Sabtu (4/11/2023).

Bantuan tersebut bukan hanya dari pemerintah, namun juga dari masyarakat yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan.

“Ada yang dari Baznas, IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah TNI dan Polri yang selanjutnya kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” lanjutnya.

Indonesia mengutuk serangan Israel terhadap Palestina yang sejauh ini sudah memakan korban meninggal dunia hingga lebih dari 9.000 jiwa. Jokowi memastikan Indonesia akan selalu berada di pihak Palestina.

“Tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan. Saya ingin tekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” katanya.

Begini Rute Penyaluran 51,5 Ton Bantuan RI untuk Palestina

Jokowi menjelaskan rute yang akan dilalui untuk mengirim bantuan tersebut. Pertama-tama, dari Indonesia akan menuju ke Jeddah, Arab Saudi.

Setelah tiba tiba Jeddah, akan menunggu antrean menuju Bandara El Arish, Mesir. Setelah tiba di El Arish, maka bantuan akan langsung dibawa ke Gaza, Palestina.

“Dari sini nanti akan dibawa lewat Jeddah. Jeddah berhenti, menunggu antrean untuk masuk ke El Arish, dari El Arish nanti baru dibawa ke Gaza,” sebutnya.
Indonesia Kirim 51,5 Ton Bantuan

Diketahui, Jokowi memimpin pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Halim Perdanakusuma. Total ada 51,5 ton bantuan akan dikirimkan ke Palestina lewat Mesir.

“Pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza, ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan 3 pesawat, dan berisi 51,5 ton bantuan,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bantuan ini merupakan bantuan tahap pertama. Dia menyebut bantuan berisi bahan makanan hingga alat-alat medis.

“Berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza. Dan untuk bantuan selanjutnya juga sedang dalam proses dipersiapkan,” ucapnya.
(rdh/taa/detik))





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini