Kabel Putus, 7 Anak dan 1 Orang Dewasa Terjebak Selama 15 Jam di Kereta Gantung

0
Islamabad – Upaya penyelamatan delapan orang, termasuk tujuh anak-anak, di Pakistan yang terjebak di ketinggian 275 meter setelah kabel kereta gantung yang mereka tumpangi terputus berujung kabar baik. Delapan orang itu berhasil dievakuasi dengan aman setelah terjebak di ketinggian selama lebih dari 15 jam.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (23/8/2023), salah satu kabel kereta gantung itu terputus pada Selasa (22/8) pagi, sekitar pukul 07.00 waktu setempat, saat para siswa yang ada di dalamnya sedang dalam perjalanan ke sekolah di area pegunungan Battagram yang terpencil, yang berjarak 200 kilometer sebelah utara Islamabad.

Tujuh anak dan satu orang dewasa yang ada di dalamnya terjebak di tengah-tengah jurang, tepatnya pada ketinggian 900 kaki atau setara 275 meter dari permukaan tanah. Operasi penyelamatan yang sulit dan dramatis dilakukan dengan menggunakan helikopter militer selama berjam-jam.

Pada Selasa (22/8) malam waktu setempat, operasi penyelamatan yang berisiko tinggi itu selesai dilakukan dengan semua orang yang ada di dalamnya, termasuk tujuh anak, telah berhasil dievakuasi secara aman oleh para petugas.

“Semua anak telah berhasil diselamatkan dengan aman,” tulis Pelaksana Tugas (Plt) Perdana Menteri (PM) Pakistan Anwaar-ul-Haq Kakar dalam postingan media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter.

“Kerja tim yang hebat oleh militer, departemen penyelamatan, otoritas distrik, serta masyarakat setempat,” imbuhnya.

Seorang sumber keamanan setempat menuturkan bahwa para petugas berupaya menyelamatkan anak-anak yang terjebak satu per satu, dengan mengevakuasi mereka ke sebuah platform kecil yang ada di sepanjang jalur kabel kereta gantung.

Operasi ini menyita perhatian publik Pakistan, dengan siaran televisi setempat menyiarkan momen menegangkan itu. Tayangan televisi itu menunjukkan para petugas penyelamat yang terikat pada tali menggantung di bawah helikopter, mendekati kereta gantung yang terjebak.

Salah satu tayangan menunjukkan momen ketika salah satu anak diangkat dengan menggunakan tali pengaman dari kereta gantung yang terjebak, sebelum akhirnya diturunkan secara perlahan ke area yang aman.

“Operasi yang sangat sulit dan rumit berhasil diselesaikan oleh militer Pakistan,” demikian pernyataan militer Pakistan usai penyelamatan sukses dilakukan.

“Itu merupakan operasi yang unik yang membutuhkan banyak keahlian,” sebut militer Pakistan dalam pernyataannya.

“Semua orang yang terjebak telah dievakuasi dengan aman dan dipindahkan ke tempat yang aman. Otoritas sipil dan penduduk setempat juga secara aktif membantu untuk berpartisipasi dalam operasi ini,” imbuh pernyataan tersebut.

Anak-anak yang berhasil diselamatkan dalam insiden ini berusia antara 10 tahun hingga 15 tahun, dengan salah satunya sempat pingsan karena panas dan ketakutan.

(nvc/ita/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini