Kasus COVID-19 Naik, Menkes Minta Masyarakat Segera Vaksin Mumpung Masih Gratis

0
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Vidya Pinandhita)
Jakarta – Beberapa waktu terakhir terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang cukup signifikan di Indonesia. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan melengkapi vaksin COVID-19.

Menkes Budi mengatakan bahwa vaksinasi penting untuk mengurangi derajat keparahan akibat COVID-19 dan fatalitas yang mungkin saja terjadi. Ia lebih lanjut menyinggung soal rencana vaksin COVID-19 yang akan mulai berbayar di tahun depan.

“Tahun depan kita rencananya membuka untuk klinik-klinik swasta, rumah sakit swasta untuk mengadakan vaksin sendiri sudah bisa. Kita akan tetap memberikannya gratis untuk masyarakat miskin yang mengikuti program penerima bantuan iuran dari BPJS,” ucap Menkes Budi ketika ditemui detikcom di Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2023).

Berkaitan dengan soal harga vaksin COVID-19 nantinya, Menkes Budi belum bisa buka-bukaan lebih lanjut. Namun, menurutnya harga vaksin COVID-19 nantinya akan berada di kisaran ratusan ribu rupiah.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh masyarakat Indonesia yang belum melengkapi vaksin COVID-19 untuk segera mendapatkannya selama masih bisa didapatkan secara gratis di fasilitas kesehatan terdekat.

“Kalau masih ada stoknya di puskesmas sekarang itu bisa segera dipakai ya. Kisaran harganya mungkin nanti ratusan ribu, tapi sekarang kan gratis makanya cepat-cepat aja datang sekarang ke puskesmas. Ratusan ribu tapi tidak semahal vaksin HPV lah ya,” pungkasnya.

(avk/kna/DETIK)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini