Kata Jokowi soal Debat Politisi Cuma Panas di Dunia Maya

38
Jakarta – Perdebatan para politikus menjelang hari pencoblosan Pemilu 2024 turut diikuti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut kepala negara, perdebatan para politikus hanya panas di dunia maya atau internet.

Dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia di Astor Ballroom Hotel St Regis, Jakarta Selatan, Jumat (22/12), Jokowi bicara soal perdebatan para politikus. Mulanya Jokowi mengungkap dirinya optimis menyambut 2024.

“Optimisme saya di 2024 juga didasarkan pada kondisi politik. Saya tahu para pengusaha ini menunggu situasi politik ada yang juga deg-degan mendekati pemilu terutama mendekati pilpres,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan tak perlu ada yang dikhawatirkan soal Pilpres 2024. Jokowi menyebut panas soal pilpres hanya terjadi di media sosial.

“Kalau kita membukanya sosial media, kalau bacanya sosial media, nonton TV adu debat antarpolitisi, sepertinya suasananya panas, sepertinya,” tutur Jokowi.

“Tapi kalau bapak-ibu turun ke masyarakat, turun ke desa, turun ke daerah, sering turun ke daerah-daerah, bapak-ibu bisa merasakan rakyat itu santai santai saja. Betul coba pergi ke desa,” kata Jokowi.

Jokowi Sebut Pilpres 2024 Beda Dibandingkan 2014-2019

Tak hanya itu, Jokowi juga menegaskan politik di 2024 adem-adem saja. Pilpres 2024 dinilai Jokowi berbeda dengan dua pilpres sebelumnya.

“Sebetulnya politiknya ada adem-adem saja, saya kira sangat jauh bila dibandingkan dengan 2014 dan 2019, sangat beda sekali,” ujar Jokowi.

Jokowi yakin kondisi itu tak lepas dari kedewasaan masyarakat. Sehingga, kondisi panas yang dirasakan di pilpres sebelumnya, bisa didinginkan.

“Artinya masyarakat kita sudah dewasa dalam berpolitik. Yang panas pun bisa segera di dinginkan dan kalau terbelah sedikit juga bisa bersatu kembali,” tambah Jokowi.

Kasih Wejangan ke Gibran soal Debat?

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengikuti debat cawapres 2024. Ayah Gibran, Jokowi, memastikan tak ada wejangan untuk Gibran.

“Ya mau debat, ya, silakan debat,” ujar Jokowi, menjawab pertanyaan apakah ada wejangan untuk Gibran.

Jokowi menyebut belum bertemu dengan Gibran lagi. Jokowi kembali menegaskan tak ada wejangan untuk Gibran.

“Ya ketemu, nggak pernah ketemu. Ketemu (Gibran) aja nggak pernah. Nggak, nggak (ada wejangan). Wejangan apa sih? Debat ya debat gitu aja,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku menonton debat cawapres 2024. Jokowi bakal menonton di rumahnya.

“Ya (menonton debat) di rumah. Bisa di Jakarta, bisa di Bogor, bisa di Solo,” katanya.

“Harapannya, debatnya ramai,” jelas Jokowi.

(rfs/dwia/detik)





38 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini