Ketua DPRD Sumsel Ikuti Rapat Koordinasi Karhutla 2023 Bersama KASAD Jenderal TNI Dudung

0

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Dr Hj RA Anita Noeringhati, SH MH turut serta dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dan Apel Gelar Pasukan serta Perlengkapan Karhutla Tahun 2023 yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Jumat, (08/9/2023).


Ketua DPRD Provinsi Sumsel, RA Anita Noeringhati, menegaskan pentingnya kerjasama antarinstansi dalam menangani masalah Karhutla. Ia mengatakan, “Kita harus bersatu dan siap menghadapi ancaman Karhutla dengan sigap. Kerjasama dan koordinasi yang baik sangat penting dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla.”

Dalam keterangannya Gubernur Herman Deru mengatakan, ancaman kebakaran akibat kemarau yang ekstrim sebagaimana  prakiraan   BMKG perlu menjadi perhatian semua pihak untuk tidak melakukan aktivitas yang berpotensi memicu terjadinya karhutla. Termasuk di dalamnya memberikan edukasi pada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Dukungan kekuatan TNI/Polri mulai dari wilayah terkecil ditingkat  desa  sangat penting  dalam memberikan edukasi pada masyarakat agar tidak membukan praktik membuka lahan pertanian dengan  cara  membakar,” ungkapnya.

Dihadapan KASAD, Gubernur Herman Deru menyebut  di Sumsel, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merupakan salah satu wilayah kerap menjadi langganan terjadinya karhutla utamanya disaat musim kemarau. Hal itu dikarenakan Wilayah Kabupaten OKI banyak memiliki lahan gambut dengan luasan mencapai 638.379  hektar.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak yang terlibat dalam upaya penanggulangan Karhutla di Provinsi Sumatera Selatan, termasuk unsur TNI, Polri, dan BPBD. (adv)






LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here