Ketua Umum PSSI Erick Tohir Resmikan Akademi Sepakbola di Sumatera Barat

0
Ketua Umum PSSI Erick Thohir meresmikan Akademi Rosiade Football Club di Padang, Rabu (6/3/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.
Jakarta – Anggota DPR-RI asal Sumatera Barat, Andre Rosiade mendirikan Akademi Sepakbola di tanah kelahirannya. Kehadiran akademi itu diharapkan bisa membantu pengembangan sepakbola usia dini di daerah tersebut.

Akademi Sepakbola Andre Rosiade secara resmi diluncurkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Tohir di halaman GOR H.Agus Salim Padang, Rabu (6/3). Erick mengapreasiasi apa yang dilakukan oleh Andre dan menyebut langkah tersebut perlu ditularkan kepada pihak dan individu lainnya di seluruh Indonesia.

“Luar biasa, Rosiade Akademi ini dimulai dari U-5. Jadi ini merupakan grass root yang sangat kuat. Saya rasa, terima kasih Pak Andre. Saya berharap banyak tokoh-tokoh di daerah bisa juga membangun sepakbola Indonesia secara menyeluruh, karena tidak bisa hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah, PSSI atau Askot,” kata Erick dalam keterangan tertulis, Kamis (7/3/2024).

“Kalau individu seperti Pak Andre ini bisa memberi support, ini akan mendorong agar sepakbola kita jauh lebih baik ke depan,” ia melanjutkan.

Menurut Erick, jika langkah Andre Rosiade ini dilakukan oleh banyak pihak di seluruh Indonesia, bukan tidak mungkin Indonesia akan bisa tampil di Piala Dunia.

“Jika menyeluruh dilakukan, bukan tidak mungkin cita-cita Timnas senior kita menembus Piala Dunia akan terwujud,” katanya lagi.

Selain mendirikan akademi sepakbola, Andre juga sedang membangun tim sepakbola Rosiade FC yang nantinya akan berlaga di Liga 3.

Andre menyebut semangat untuk membangun klub dan akademi sepakbola itu dilakukan sebagai bentuk kecintaan terhadap dunia sepakbola Tanah Air.

“Akademi sepakbola ini gratis, Kita dirikan untuk membentuk para pesepakbola masa depan. Pelatihnya berlisensi FIFA,” jelas Andre.

Menurutnya, akademi sepakbola akan diiringi dengan klub Rosiade FC yang akan berlaga di Liga 3 nantinya.

“Dengan adanya klub ini maka nantinya, lulusan akademi diharapkan bisa bermain di Liga 3. Rosiade FC ingin juara Liga 3 agar nantinya bisa bertanding di Liga 2. Insyaallah, ini bisa menjadi kawah candradimuka dalam mempersiapkan bibit-bibit pemain untuk klub lebih besar lainnya seperti Semen Padang FC,” ujar Andre.

Launching Akademi Sepakbola Andre Rosiade dan Rosiade FC ditandai dengan menerbangkan balon ke udara oleh Erick bersama Andre dan pengurus Askot PSSI Provinsi Sumatera Barat serta Askot Padang.
(prf/ega/detik)