Kilang Pertamina Plaju Apresiasi Peran Aktif Jurnalis Edukasi Khalayak Soal Migas

0

Palembang, rakyatpembaruan.com –

9 Februari menjadi tanggal peringatan Hari Pers Nasional (HPN), yang setiap tahunnya digelar sejak 1985 sebagai momentum memperingati peran dan keberadaan pers dalam pembangunan.

Peran pers dalam menjadi pilar pencerdasan bangsa pun tak diragukan lagi. Soal informasi yang menjadi hajat publik, pers adalah gudangnya. Dalam berbagai aspek pembangunan, pers selalu berperan besar dalam edukasi kepada masyarakat pada umumnya.

Hadirnya peran insan pers selalu tampil terdepan dalam mengedukasi dan memberikan kabar positif kepada khalayak masyarakat soal industri energi, dengan sajian informasi yang terkini, kaya dan akurat.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan pers menjadi bagian integral dalam perjalanan bisnis kilang.

Ia mengapresiasi peran kolaboratif para insan pers yang telah konsisten memberitakan setiap milestone dan informasi penting lainnya berkaitan dengan Kilang Pertamina Plaju sebagai salah satu Obyek Vital Nasional (Obvitnas) yang berdiri di Sumatera Selatan.

Sepanjang 2023, lebih dari 1000 (seribu) pemberitaan positif berkaitan dengan Kilang Pertamina Plaju telah diangkat di berbagai media massa, baik cetak maupun online.

“Dukungan pers menjadi hal yang penting bagi kami sebagai unit bisnis Pertamina Group dalam inisiatif mencapai keberlanjutan bisnis,” ujar Rachmi. Ia menambahkan, opini dan kepercayaan masyarakat terhadap operasional Kilang Pertamina Plaju dibangun salah satunya melalui peran pers.

Rachmi mengatakan, dalam berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder), Kilang Pertamina Plaju menerapkan strategi komunikasi pentahelix guna percepatan implementasi dan memperluas capaian keberhasilan berbagai program, demi dalam menjaga keutuhan bangsa yang menjadi tema HPN 2024 ini.

Indikator utama dalam implementasi Pentahelix yakni kolaborasi kemitraan lima komponen yakni pemerintah, media, komunitas, bisnis, dan akademisi. “Media, dalam hal ini para insan pers telah banyak membantu kita menggaungkan energi positif kepada khalayak,” imbuh Rachmi.

Apresiasi Partisipasi Dalam AJP 2023

Triwulan IV 2023 lalu, Pertamina juga menggelar Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP), yang mengusung tema “Energizing The Nation”, yang diikuti sebanyak 2.559 peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam AJP yang digelar setiap tahunnya itu, Pertamina mengajak pada jurnalis di seluruh Indonesia menampilan karya-karya terbaiknya sejalan dengan komitmen Pertamina, untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Sebanyak 21 jurnalis asal Regional 3 (Sumbagsel) tercatat sebagai pemenang dalam penganugerahan AJP yang digelar di Yogyakarta 16 Desember lalu.

“Kami juga mengapresiasi keterlibatan dan partisipasi aktif, serta mengucapkan selamat atas karya-karya terbaik jurnalis dalam Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2023 lalu, yang menjadi wadah partisipasi seluruh insan pers dalam mendukung visi Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia,” lanjut Rachmi.

Kepada insan pers, Rachmi menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Ia berharap iklim media dapat terus mendukung kemajuan dunia pers. “Sehingga kita juga harapkan rekan-rekan media dapat terus menjalin kolaborasi apik dengan Kilang Pertamina Plaju,” tutupnya.

(Adi/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini