Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan Platinum dan The Best Award di Ajang BISRA

0

Palembang, rakyatpembaruan.com-

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju terus mengukuhkan posisi sebagai perusahaan dengan kepedulian sosial yang tinggi.

Kepedulian yang berangkat dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Kilang Pertamina Plaju, salah satunya diwujudkan dalam format kerelawanan.

Mulai dari relawan sehat, relawan peduli lingkungan hingga relawan sosial. Ketiga aspek tersebut, secara kontinyu diimplementasikan dalam berbagai program yang digerakkan secara sukarela oleh segenap pekerja, dan didukung penuh oleh iklim kebijakan perusahaan, serta sumber daya yang kuat.

Rasa kerelawanan yang tinggi ini akhirnya mengantarkan Kilang Pertamina Plaju dalam menyabet penghargaan Platinum Champion pada kategori Kerelawanan/Volunteer Element dalam penghargaan Bisnis Indonesia CSR Awards (BISRA) yang dihelat oleh Media Bisnis Indonesia.

Tidak hanya itu, Kilang Pertamina Plaju juga menjadi The Best Award for Volunteer Element. Penghargaan ini diterima di Jakarta, Selasa (15/08/2023).

Kerelawanan sosial di Kilang Pertamina Plaju, terwadahi lewat platform SENYUM (Sedekahnya Untuk Masyarakat) serta program SEBARAN (Semangat Berbagi Baju Lebaran). Adapun Relawan Peduli Lingkungan diimplementasikan lewat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di kampung industri tempe masyarakat sebagai bentuk sharing core competency.

Sementara, Relawan Sehat terprogramkan melalui donor darah dan vaksinasi masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari di Palembang mengungkapkan, penghargaan ini adalah wujud keseriusan perseroan dalam bertanggung jawab terhadap aspek sosial dan lingkungan, termasuk dalam format charity dan kerelawanan.

“Kilang Pertamina Plaju tidak hanya fokus pada pencapaian keuntungan atau profit semata, tapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan masyarakat sekitar,” tuturnya..

Ia berharap, penghargaan ini menjadi semangat untuk para pekerja untuk terus menumbuhkan jiwa kerelawanan sosial dan lingkungan yang tinggi, semata-mata untuk berbuat baik kepada masyarakat.

“Kami percaya, niat dan perbuatan baik, tentu akan mengundang balasan yang juga baik, sehingga dengan jiwa kerelawanan yang tinggi, kami berharap dapat menumbuhkan ikatan sosial yang erat dengan setiap elemen masyarakat di sekitar kita,” imbuhnya.

Rachmi mohon doa kepada seluruh masyarakat dan stakeholder, agar Kilang Pertamina Plaju beserta seluruh pekerjanya selalu diberikan keselamatan, agar dapat terus menopang ketahanan energi nasional.

*Dukung Capaian SDGs*
Melalui berbagai program kerelawanan itu, Kilang Pertamina Plaju turut berkontribusi pada tujuan SDGs ketiga, menjamin kehidupan yang sehat dan tujuan keenam, yakni menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan.

*Tentang BISRA 2023*
Sebagai informasi, Bisnis Indonesia CSR Awards (BISRA) 2023 adalah kompetisi yang diselenggarakan Media Bisnis Indonesia, yang ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen kuat dalam penyelenggaraan CSR.

Pemberian penghargaan diharapkan dapat memotivasi setiap perusahaan untuk memberikan kontribusi lebih besar kepada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan Lingkungan Hidup.

Adapun, BISRA 2023 diikuti oleh 72 peserta yang menghadirkan 120 program, di mana setiap perusahaan memberikan beberapa program CSR. Topik yang diusung tahun ini yakni CSR Toward Climate Change Mitigation.

Tema tersebut diangkat atas dasar kondisi perubahan iklim masa kini. Susanto memberikan contoh di mana Jakarta saat ini menjadi kota dengan polusi yang tinggi dan berbagai indikator lain seperti penurunan tanah.

National Director Habitat for Humanity Indonesia Susanto Samsudin selaku Ketua Dewan Juri BISRA 2023 mengatakan penghargaan CSR diberikan kepada perusahaan yang mengadakan program terbaik dengan dampak sosial yang nyata.

“Di setiap rupiah yang ditanamkan dalam program CSR harus membawa perubahan positif kepada komunitas, itu yang menjajdi tujuan. Itu yang semakin lama akan semakin kita tajamkan di setiap programnya,” kata Susanto dalam penganugerahan BISRA pada Selasa (15/8/2023).(adi/rp)