Kode Terbaru soal Reshuffle Kabinet dari Jokowi

0

Jakarta – Ancang-ancang reshuffle Kabinet Indonesia Maju sudah di mata Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) bakal segera terisi berdasarkan keputusan Jokowi.

Jabatan Menpora belum terisi usai politikus Partai Golkar Zainudin Amali mengundurkan diri. Jokowi mengakui sudah mendapatkan nama calon Menpora dari Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Menpora belum diputuskan, tapi nama nama dari Pak Ketua Golkar sudah ke kita. Tapi belum diputuskan, belum saya putuskan,” kata Jokowi seusai acara Penghargaan Penanganan COVID-19 di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Jokowi tak menyebutkan nama calon Menpora yang diterimanya dari Airlangga. Dia melempar jawaban soal nama ke Airlangga yang berdiri di sampingnya.

“Nama yang masuk ada, nggak hafal,” ujarnya.

“Nanti Pak Ketua Golkar saja,” imbuh Jokowi.

Jokowi lantas mengungkapkan kriteria Menpora yang akan dipilihnya. Dia memberikan jawaban singkat dan jelas. “Muda,” ujarnya.

Sosok Calon Menpora

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah menyerahkan nama calon Menpora baru kepada Presiden Jokowi. Airlangga mengatakan nama yang diserahkan membuat sosok senior agak tersinggung.

Airlangga mulanya membeberkan kriteria Menpora yang diusulkan Golkar. Menurutnya, sosok itu ada yang muda, pria ataupun wanita.

“Jadi Menpora ada yang muda, ada yang pria, ada yang wanita, ada yang merasa muda juga,” kata Airlangga kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/3).

Airlangga mengatakan nama calon Menpora telah sesuai dengan kriteria yang dibicarakan Jokowi. “Tentu sesuai dengan apa yang nanti diputus Pak Presiden. Kita tunggu saja,” ujarnya.

Lebih lanjut Airlangga memastikan nama itu telah diserahkan kepada Jokowi. Menurutnya, nama ini bakal membuat sosok senior bisa tersinggung.

“Sudah. Pokoknya yang agak senior agak tersinggung,” kata Airlangga.

Segera Reshuffle

Jokowi kembali ditanya isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju mengingat jabatan Menpora masih belum diisi pejabat definitif. Jokowi mengatakan bakal segera melakukan reshuffle.

“Segera,” kata Jokowi dalam pernyataan pers seperti di akun YouTube Setpres, Rabu (29/3). Jokowi menjawab pertanyaan soal posisi Menpora kosong dan rencana reshuffle kabinet.

Saat ditanya kapan reshuffle akan dilakukan, Jokowi kembali menjawab hal yang sama.

“Segera,” ujar Jokowi sambil tersenyum.

Seperti diketahui, jabatan Menpora kini diisi pelaksana tugas yaitu Menko PMK Muhadjir Effendy. Posisi Menpora lowong karena Zainudin Amali mengundurkan diri setelah terpilih sebagai Waketum PSSI.

(rfs/detik)