Konsolidasi Nasional KPU RI, Jokowi: Pemilu Tinggal 45 Hari, KPU dari Pusat Sampai Daerah Harus Siap

0
Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Pemilu 2024 semakin dekat. Jokowi meminta KPU dari tingkat provinsi dan daerah harus siap.

“Tidak ada kata yang lain, KPU dari pusat sampai daerah harus siap,” ujar Jokowi mengawali sambutan di acara konsolidasi KPU, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Jokowi mengingatkan Pemilu harus berlangsung jujur dan adil. Jokowi juga mengatakan Pemilu tinggal beberapa puluh hari lagi.

“Siap menjalankan pemilu yang jujur dan adil, yang dipercaya oleh rakyat. Dan pemilu 2024 tinggal 45 hari, waktunya sudah sangat dekat,” ucap Jokowi.

Jokowi meminta KPU menyiapkan semuanya dengan matang. Sebab, tahun ini pertama kalinya digelar pemilu serentak.

“Semuanya harus siap. Memang Pemilu tahun 2024 ini sangat kompleks, ini Pemilu serentak, Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi Kabupaten dan Kota, dan melibatkan angka terakhir yang saya terima 204.807.222 di 38 provinsi, 514 kabupaten dan kota, 7.277 kecamatan, 83.771 desa, melibatkan 18 parpol nasional, dan 6 partai lokal Aceh,” tutur Jokowi.

Acara ini turut dihadiri Menko Polhukam Mahfud Md, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua KPK sementara Nawawi Pomlango, dan pimpinan BPK. Acara ini diikuti oleh seluruh pejabat KPU RI pusat, daerah kabupaten, dan kota.
(zap/dhn/detik)